sgUOEzvIgsbxenaKKZaRdjzIV8wzk768OwwPZ93N
7 Makanan Cocok Untuk Pemulihan Sakit Demam Berdarah

Iklan Billboard 970x250

7 Makanan Cocok Untuk Pemulihan Sakit Demam Berdarah

Setiap orang pasti ingin tubuhnya selalu sehat dan terhindar dari segala macam penyakit. Salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh banyak orang adalah demam berdarah. Terserang sakit demam berdarah ini memang bisa dikatakan salah satu penyakit yang berbahaya.

Penyakit Demam Berdarah

Sekilas Tentang Demam Berdarah

Demam berdarah merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus bernama dengue. Virus tersebut disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegypti betina. Seseorang yang terkena virus ini akan mengalami beberapa gejala seperti demam tinggi, nyeri otot, sakit kepala, serta menimbulkan hilangnya nafsu makan dan membuat tubuh menjadi lemas.

Sangat disarankan agar seseorang yang mengidap demam berdarah wajib untuk mengonsumsi makanan sehat agar kondisi tidak semakin memburuk. Makanan untuk menyembuhkan sakit demam berdarah, haruslah memiliki kandungan gizi yang baik. Konsumsilah makanan yang dapat meningkatkan trombosit dalam darah agar kondisi tubuh tidak semakin menurun.

Terdapat beberapa jenis makanan yang cocok  untuk menyembuhkan demam berdarah yang bisa dikonsumsi saat seseorang mengidap gejala demam berdarah, agar tubuh dapat mampu melawan virus tersebut.

Makanan untuk Pasien Demam Berdarah


Jambu Biji

Jambu biji atau jambu merah sudah terkenal memiliki peran untuk memperbaiki trombosit. Jambu merah bisa dikonsumsi langsung atau dengan cara dijus. Pasien demam berdarah kebanyakan memang sangat dianjurkan untuk memperbanyak makan atau minum jus jambu merah sebanyak-banyaknya.

Jambu Biji Sangan Baik dalam Pengobatan Demam Berdarah

Daun Pepaya

Daun pepaya sangat baik dikonsumsi oleh penderita DBD. Cukup tumbuk daun pepaya kemudian peras airnya. Ekstrak jus dari daun pepaya ini bisa tingkatkan trombosit dalam tubuh. Adapula cara lain yakni dengan merebus daun pepaya dalam air, lalu minum airnya.

Brokoli

Brokoli adalah sayur hijau yang kaya akan vitamin K yang bantu meregenerasi trombosit darah. Jika trombosit dalam tubuh pasien DBD turun secara drastis, maka brokoli akan dimasukkan dalam daftar makanan wajib pasien sakit demam berdarah. Selain jadi sumber vitamin K, brokoli juga kaya akan antioksidan dan mineral.

Buah Delima

Buah yang satu ini mengandung nuntrisi dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Hal ini membuat buah delima justru mampu mengurangi rasa lelah ataupun lesu.

Kandungan Zat Besi pada Buah Delima sangat Baik Untuk Pengobatan Deman Berdarah

Buah delima juga jadi sumber zat besi yang bermanfaat bagi darah. Buah ini membantu tubuh untuk mempertahankan jumlah trombosit darah secara normal sehingga sering dijadikan buah yang pas untuk dikonsumsi penderita demam berdarah.

Air Kelapa

Selain masalah trombosit dalam darah, penderita demam berdarah juga kerap mengalami dehidrasi. Karena itu, sebaiknya minum minuman yang cepat menghidrasi tubuh seperti air kelapa.  Air kelapa dapat membuat tubuh tetap terhidarasi serta memasok nutrisi yang diperlukan tubuh. Air kelapa juga berfungsi untuk mendetoksifikasi tubuh.

Air kelapa ini disarankan untuk pasien demam berdarah. Cairan seperti ORS dan jus tebu yang kaya nutrisi juga cepat memulihkan kondisi penderita sakit demam berdarah.

Jeruk

Makanan yang bisa membantu menyembuhkan demam berdarah lainnya adalah buah jeruk, yang dapat dikonsumsi secara langsung maupun diolah dengan cara dijus. Buah jeruk sudah dikenal memiliki banyak kandungan vitamin C yang bisa menambah antibodi dalam tubuh, sehingga tubuh dapat melakukan pemulihan dengan lebih cepat. Selain itu jeruk juga dipercaya dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan bagi pengidap demam berdarah.

Vitamin C dapat menjadi Antibodi


Ikan Segar

Bagi pengidap penyakit demam berdarah, tentunya membutuhkan makanan yang menyehatkan. Salah satu makanan yang menyehatkan adalah dengan mengonsumsi ikan, seperti yang kita ketahui bahwa ikan banyak mengandung vitamin, mineral, dan protein yang dapat menyehatkan otot, jantung serta menjaga tubuh dari kekurangan trombosit akibat virus demam berdarah.

Usahakan untuk mengolah ikan dengan cara dikukus tanpa bumbu cabe dan merica yang berlebihan, agar bermanfaat untuk tubuh.

Makanan di atas adalah beberapa makanan yang bisa membantu pasien sakit demam berdarah agar bisa cepat menaikkan trombosit karena memang pasalnya saat terserang demam berdarah jumlah trombosit menurun drastis dan jika dibiarkan akan membahayakan.

Dampak Trombosit Jauh dari Angka Normal


Kehilangan darah secara berlebihan

Resiko pendarahan serius akan terjadi ketika trombosit berada di bawah 10.000 mikroliter. Jika hal ini terjadi, Anda berisiko mengalami pendarahan secara internal yang memungkinkan untuk kehilangan darah melalui sistem pencernaan Anda.

Anemia

Jumlah trombosit yang rendah dapat menyebabkan jumlah sel darah merah menurun. Jumlah sel darah merah dalam tubuh berkurang, nantinya berisiko mengalami anemia. Mengalami anemia berarti tubuh Anda tidak mendapatkan oksigen yang dibutuhkannya untuk berfungsi dengan baik.
Gejala anemia yang umum meliputi sesak napas, sakit kepala, jantung berdebar kencang, kelelahan, serta rasa dingin pada tangan dan kaki. Biasanya anemia yang muncul bersifat ringan dan sementara. Namun sebagian kasus kronis lainnya bisa menyebabkan kecacatan dan mengancam nyawa.

Gangguan Sistem Kekebalan Tubuh

Jumlah trombosit yang rendah bisa menjadi sinyal pertama dari sistem kekebalan tubuh yang terganggu. Leukemia, yang merupakan kanker sumsum tulang, bisa menyebabkan tubuh Anda tidak menghasilkan cukup trombosit. Selain itu, banyak kondisi lain yang dapat menghancurkan trombosit atau menjebaknya sehingga tidak bekerja secara efektif salah satunya sakit demam berdarah.

Kekebalan Tubuh Akan Berkurang Akibat Demam Berdarah

Komplikasi Parah

Jika jumlah trombosit dalam tubuh yang terlalu rendah dibiarkan maka akan mengancam nyawa apalagi jika mengakibatkan pendarahan di otak. Walaupun hal ini termasuk jarang, tetapi beberapa kasus pernah terjadi.

Agar tidak sampai menderita sakit demam berdarah pastikan untuk memiliki gaya hidup sehat dan juga harus tahu gejala dari penyakit ini agar bisa menangani dengan cepat dan tidak sampai terlambat.

Gejala Sakit Demam Berdarah

Sakit demam berdarah adalah kondisi yang dapat mengakibatkan kerusakan dan kebocoran pembuluh darah, serta menurunkan kadar trombosit atau sel keping darah. Kondisi ini berbahaya dan dapat menyebabkan kematian, sehingga harus segera ditangani.

Gejala demam berdara umumnya demam, nyeri perut, muntah, serta tubuh yang lemas. Penderita demam berdarah juga mengalami perdarahan, seperti pada hidung, gusi, atau di bawah kulit, sehingga tampak seperti memar. Darah juga bisa terdapat dalam urine, feses, atau muntah. Segera cari pertolongan medis, bila timbul sesak napas atau keringat dingin.

Demam yang Turun Naik Merupakan salah Satu Gejalah Demam Berdarah

Ada juga demam dengue yang merupakan bentuk ringan dari infeksi virus Dengue. Sama halnya dengan sakit demam berdarah, demam dengue dimulai dengan gejala demam. Gejalanya muncul 4-7 hari sejak gigitan nyamuk, dan bisa berlangsung selama 10 hari.

Untuk demam dengue ini gejalanya Suhu badan tinggi yang bisa mencapai 40 derajat Celcius atau lebih, sakit kepala berat, nyeri pada sendi, otot, dan tulang, hilang nafsu makan, nyeri pada bagian belakang mata, mual dan muntah, pembengkakan kelenjar getah bening, serta ruam kemerahan yang biasanya muncul sekitar 2-5 hari setelah demam. Umumnya penderita demam dengue akan sembuh dalam 7 hari.

Well, itu dia ulasan tentang sakit demam berdarah yang bisa membantu penyembuhan penyakit Deman Berdara hingga gejala yang harus diwaspadai. Semoga informasi ini membantu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman ataupun keluarga Anda. Dan tetap mengunjungi blog pribadi saya ini ya. Akhir kata saya ucapkan Terimakasih.

Sumber Foto : 
  1. https://unsplash.com/
  2. https://pixabay.com/id/
Baca Juga
SHARE
Josua Rifandy
Nama saya Josua Rifandy Siahaan, saya berasal dari Sumatera Utara, tepatnya di Toba Samosir

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar