sgUOEzvIgsbxenaKKZaRdjzIV8wzk768OwwPZ93N
Mengenali Gejala Sinusitis Sejak Awal Sebelum Bertambah Parah

Iklan Billboard 970x250

Mengenali Gejala Sinusitis Sejak Awal Sebelum Bertambah Parah

JOSUARIFANDY.COM - Penyakit sering datang secara tiba-tiba oleh karena itu anda harus mewaspadai setiap gejala yang ada. Salah satu penyakit yang mempunyai kemiripan dengan pilek namun bisa berakibat kematian adalah sinusitis. Anda harus mengenali gejala sinusitis untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Memang sedikit sulit membedakan gejala sinusitis dengan pilek karena keduanya sama-sama berkaitan dengan masalah hidung.

Gejala Penyakit Sinusitis

Mengenali Gejala Sinusitis Lebih Awal

Gejala sinusitis terlihat mirip dengan pilek, namun sinusitis dan pilek memiliki perbedaan yang signifikan. Oleh karena itu anda harus menganali beberapa gejala sinusitis seperti di bawah ini.

1. Flu yang bertahan lama dalam waktu seminggu bahkan lebih

Gejala ini merupakan pertanda awal jika seseorang mengalami penyakit sinusitis. Gejala ini bisa dibilang signifikan sekali, karena biasanya flu atau pilek terjadi dalam waktu 2 sampai 3 hari saja. Jika anda mengalami pilek atau flu dalam kurun waktu seminggu bahkan lebih dan semakin bertambah parah. Sebaiknya anda segera periksa ke dokter untuk mengetahui penyakit apa yang sedang anda alami. Bisa jadi flu atau pilek yang tidak kunjung sembuh merupakan akibat dari infeksi bakteri.

Flu yang Berkepanjangan Merupakan salah satu Gejala Sinusitis

2. Perubahan warna ingus dan berlendir

Saat seseorang mengalami pilek maka orang tersebut biasanya akan mengalami fase dimana ingus berubah warna menjadi hijau atau kuning. Hal ini dikarenakan sel darah putih yang berusaha melawan bakteri dan virus yang terdapat di dalam tubuh sehingga menyebabkan sel darah putih menjadi mati. Fase ini sering dialami oleh penderita pilek dalam kurun 4 sampai 5 hari.
Namun perlu diwaspadai jika fase ini bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama dan dalam jangka waktu tersebut hidung selalu mengeluarkan ingus berwarna hijau. Bisa jadi hal ini merupakan akibat dari penyakit sinusitis.

3. Merasa nyeri pada bagian wajah

Biasanya ketika seseorang mengalami pilek akan merasakan sakit dan nyeri pada bagian wajah dan area sinus. Infeksi ini akan membuat kepala terasa berat dan area sinus akan terasa seperti tertekan. Seseorang yang terserang penyakit sinusitis akan mengalami kesulitan bernapas dan rasa tidak nyaman saat berbaring.

Nyeri di Wajah merupakan salah satu gejala Sinusitis

Selain nyeri dan sakit pada bagian kepala, penderita sinusitis juga akan mengalami pembengkakan pada ronggan sinus yang menyebabkan rasa nyeri pada area T. Pembengkakan rongga sinus juga berakibat pada area dahi yaitu munculnya beberapa benjolan dan ketika ditekan akan terasa seperti ada cairan yang terdapat di dalamnya.

Menurut Mayo Clinic, ketika seseorang membungkuk ke depan maka sakit kepala yang dialami karena sinusitis akan bertambah buruk.

4. Mengalami bau mulut yang begitu menyengat

Ketika seseorang mengalami bau mulut yang begitu menyengat kemudian pergi menggosok gigi namun tetap saja bau mulut tersebut masih menyengat, terdapat kemungkinan bahwa orang tersebut mengidap penyakit sinusitis. Namun perlu diingat bahwa kemungkinan tersebut dialami jika sedang dalam keadaan pilek.

Mengapa bisa menyebabkan bau mulut? Karena lendir yang terdapat dalam rongga sinus semakin hari semakin menumpuk kemudian akan membusuk, hal itulah yang menyebabkan aroma mulut tidak sedap. Seperti yang diketahui bahwa saluran hidung dan mulut terhubung, kemudian aroma tidak sedap tersebut bisa keluar dari mulut.

5. Terdapat cairan yang bersifat kental dan mengalir ke tenggorokan

Apabila seseorang mengalami pilek biasanya ingus yang bersifat kental akan keluar melalui tenggorokan dan mulut, itulah yang disebut dengan dahak. Pada umunya dahak yang dikeluarkan saat pilek tidak terlalu banyak jumlahnya dan tidak akan sampai mengalir ke tenggorokan. Namun jika dahak yang dikeluarkan berjumlah banyak hingga mengalir ke tenggorokan maka orang tersebut mengidap sinusitis yang sudah parah atau kronis.

6. Mengalami batuk phelgmy

Seseorang yang sedang dalam keadaan pilek pasti akan mengalami batuk-batuk. Penderita sinusitis akan mengalami batuk yang disebut dengan batuk phelgmy. Batuk ini terjadi karena seseorang berusaha untuk mengeluarkan lendir yang menyumbat. Para dokter berpendapat bahwa batuk ini disebut batuk produktif.

Batuk  Phelgmy merupakan Gejala Sinusitis

Beberapa Cara Pengobatan Alami Penyakit Sinusitis

Setelah mengenali gejala sinusitis, penderita pasti akan melakukan pengobatan ke rumah sakit untuk mengatasi keadaan yang semakin parah. Selain pengobatan ke dokter, seseorang yang mengalami sinusitis juga bisa melakukan pengobatan alaami dirumah. Berikut ini cara-caranya.

1. Menghirup udara panas

Pengobatan alami yang bisa menyembuhkan sinusitis adalah menghirup udara panas. Cara ini bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit sinusitis ringan. Namun terkadang lendir yang terdapat pada lubang sinus bertekstur kental dan itu sangat susah untuk dikeluarkan. Menghirup udara panas merupakan cara untuk mencairkan lendir yang terdapat pada lubang sinus. Caranya juga mudah dilakukan, siapkan air mendidih yang telah dituang ke mangkuk atau wadah yang berbentuk cekung. Kemudian hirup udara panas yang dihasilkan dari air yang mendidih. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih, karena minyak kayu putih dapat melegakan hidung yang tersumbat.

Menghirup Udara Panas dapat Melegahkan Hidung


2. Bilas hidung menggunakan air garam

Membilas hidung dengan air garam juga merupakan cara yang tepat untuk mengeluarkan lendir yang tersumbat. Pengobatan ini mudah dilakukan hanya dengan melarutkan garam pada segelas air hangat. Kemudian air garam tersebut dihirup melalui hidung lalu dikeluarkan kembali. Jika anda tidak ingin terlalu repot membuat larutan garam, sekarang sudah tersedia alat untuk mencuci hidung.

3. Membuat area hidung menjadi hangat

Mungkin kedua cara diatas sulit untuk dilakukan. Anda bisa menggunakan pengobatan alami yang ketiga yaitu menghangatkan hidung dengan cara mengompres dengan air hangat. Cara ini dapat anda lakukan di rumah dengan alat-alat yang sederhana. Jika air untuk kompres sudah berubah dingin maka anda perlu menggantinya dengan air hangat. Karena air dingin tidak akan berpengaruh pada hidung.

Beberapa ulasan diatas dapat anda gunakan untuk mengenali gejala sinusitis. Segera lakukan penanganan dengan mendatangi rumah sakit jika kondisi sudah semakin parah atau bisa juga melakukan pengobatan alami seperti ulasan diatas.

Nah itu dia beberapa gejala sinusitis dan cara menanganinya. Saya berharap teman-teman tetap mengunjungi blog pribadi ini karena banyak tips-tips kesehatan yang akan saya bagikan. Jangan lupa juga untuk share artikel ini ke teman-teman ataupun keluarga Anda. Akhir kata saya ucapkan terimakasih.

Sumber Foto : https://unsplash.com/ dan https://pixabay.com/id/

Baca Juga
SHARE
Josua Rifandy
Nama saya Josua Rifandy Siahaan, saya berasal dari Sumatera Utara, tepatnya di Toba Samosir

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar