sgUOEzvIgsbxenaKKZaRdjzIV8wzk768OwwPZ93N
Ciri-Ciri Gejala Asma Pada Anak dan Obat Herbalnya

Iklan Billboard 970x250

Ciri-Ciri Gejala Asma Pada Anak dan Obat Herbalnya

JOSUARIFANDY.COM - Gejala asma pada anak mulai diperhatikan sejak dini. Asma merupakan penyakit yang menyerang bagian pernafasan. Terjadinya peradangan pada saluran pernafasan yang semakin menyempit akan sulit membawa oksigen ke paru-paru. Penyebab terjadinya penyempitan saluran pernafasan mengakibatkan gejala asma seperti : batuk, sesak nafas, dan sesak dada. Jika terserang penyakit asma yang kronis dapat mengakibatkan menurunnya aktivitas dan ketidak mampuan untuk berbicara. Penyakit asma merupakan jenis penyakit yang digolongkan dengan penyakit yang serius dan mematikan.

Mengenali Gejala Asma pada Anak

Sebagian besar penderita asma melakukan terapi dengan menggunakan inhaler. Inhaler memang dapat mengurangi gejala asma namun, inhaler juga dapat berpengaruh buruk yang berakibat menimbulkan gejala yang semakin parah dan serangan asma semakin sering terjadi. Sekarang asma sering menyerang pada anak-anak bahkan balita. Jika anda dapat melakukan pola hidup sehat, dan memberikan penanganan yang tepat dan cepat akan mengurangi resiko terserang penyakit asma. Diagnosis penyakit asma dapat diketahui melalui gejala dan respon terapi dalam jangka waktu tertentu. Gejala asma pada anak terkadang timbul karena faktor genetik dan lingkungan.

Tanda dan Gejala Asma Pada Anak

Asma sekarang ini banyak menyerang anak-anak tingkat ini semakin hari semakin meningkat. Berikut ini ada beberapa gejalanya meliputi:
  1. Keluhan dada terasa sesak atau dada sakit
  2. Pernafasan dangkal atau cepat
  3. Terlihat kurang berenergi pada saat bermain atau saat beraktivitas
  4. Batuk yang sering terjadi setiap saat
  5. Bunyi pernafasannya seperti siulan atau yang biasa disebut dengan mengi
  6. Otot leher dan dada mengencang
  7. Kondisi tubuh mudah lelah
  8. Terjadi sesak nafas atau bahkan kehilangan nafas
  9. Gerakan jungkat-jungkit di dada dari nafas yang bekerja atau biasa disebut dengan retraksi.

Penyebab dan Pemicu Gejala Asma Pada Anak

Penderita asma mempunyai saluran pernafasan yang sensitif sehingga terjadi banyak hal yang dapat memicu terjadinya gejala asma pada anak maupun dewasa. Pemicu terjadinya asma:
  1. Infeksi seperti sinusitis, flu, dan pilek.
  2. Iritasi yang timbul dari bau yang kuat seperti larutan pembersih, parfum, dan polusi udara.
  3. Asap tembakau.
  4. Alergi seperti serbuk sari, bulu hewan peliharaan, spora jamur, dan debu.
  5. Perubahan cuaca atau udara dingin.
  6. Olahraga
  7. Obat-obatan, asma sensitif terhadap aspirin.
  8. Emosi yang kuat seperti tawa, menangis, stres, dan kecemasan.

Cara Mengobati Gejala Asma Pada Anak

Ada beberapa pengobatan penyakit asma secara alami dan yang bisa dilakukan dirumah. Diantaranya:

1. Madu

Obat asma yang dapat anda coba yaitu dengan madu. Madu dipercaya dapat mengencerkan lendir yang menghambat pernafasan sehingga dapat dikeluarkan. Konsumsi madu dengan air hangat jangan menggunakan air dingin karena hal itu dapat memperburuk kondisi pernafasan. Jangan gunakan juga air panas karena nutrisi yang terkandung di dalam madu akan rusak. Campurkan air hangat dengan 2-3 sdm madu kemudian langsung bisa diminum.

Agar penyembuhan sakit asma semakin ampuh anda juga dapat menambahkan 1/2 sdt bubuk kayu manis, 1/4 sdt bubuk kunyit, dan 1 sdt bawang putih.

2. Kunyit

Kunyit merupakan obat asma alami yang mudah untuk kita jumpai. Kunyit sudah menjadi barang yang sering diteliti oleh para ahli yang menghasilkan bahwa kunyit memiliki sifat anti-alergi. Kunyit juga mempunyai efek pada histamin yang dapat meredakan peradangan.

Anti-Alergi pada Kunyit sangat Baik Mengobati Asma

3. Bawang Putih

Bawang putih dapat digunakan sebagai obat penyakit asma dan dapat mengatasi penyakit kardiovaskuler. Asma merupakan penyakit radang sehingga dapat diredakan dengan bawang putih.

4. Jahe

Obat herbal yang dapat anda cari dengan mudah adalah jahe. Jahe dapat digunkan untuk menghangatkan badan sehingga dapat meredakan penyakit asma. Asma disebabkan karena terjadinya peradangan di saluran pernafasan bagian bawah. Konsumsi jahe dengan campuran madu yang dapat menghangatkan tubuh anda.

5. Kopi

Apa secangkir kopi dapat mengobati asma? jawabannya iya. Ternyata, kadar kafein yang terdapat pada kopi membantu menyembuhkan penyakit pernafasan. Kadar kafein juga dapat membersihkan saluran hidung sehingga orang yang menderita penyakit asma bernafas lebih mudah. Jika anda tidak suka dengan kopi, anda dapat meminum teh hitam. Konsumsi teh hitam maksimal 3 cangkir per hari.

Secangkir Kopi dipercaya Mampu Mengobati Asma

6. Omega-3

Omega-3 selain digunakan untuk mencegah dan mengobati penyakit jantung, omega-3 juga dapat menyembuhkan penyakit asma. Omega-3 berfungsi mengurangi peradangan saluran pernafasan serta meningkatkan fungsi paru-paru.

7. Bunga Kenanga Kering

Bunga kenanga kering dapat dimanfatkan untuk mengobati sakit asma. Caranya siapkan 3 kuntum bunga kenanga kering kemudian rebus dengan 200 cc air hingga mendidih. Setelah itu, tutup wadahnya rapat-rapat tunggu air menjadi dinggin terlebih dahulu baru dapat anda minum. Ramuan yang anda buat harus anda minum satu kali minum. Cobalah minum ramuan bunga kenanga kering ini setiap hari secara teratur.

8. Buah Ara

Buah ara menjadi obat asma yang paling ampuh dan mudah ditemukan di lingkungan sekitar. Caranya rendam buah ara selama satu malam lalu makan buahnya dipagi hari serta minum air rendamannya tersebut.

9. Bawang Bombay

Zat Anti-Peradangan pada Asma dapat Mengobati Asma

Selain sebagai bumbu dapur bawang bombay dipercaya dapat mengobati sakit asma. Zat yang terkandung di dalam bawang bombay adalah zat anti-peradangan. Zat ini berfungsi mengurangi penyumbatan pada saluran pernafasan ketika terserang sakit asma. Zat sulfur yang ada di dalam bawang bombay juga dapat mengurangi peradangan pada paru-paru. Mengkonsumsi bawang bombay mentah-mentah juga dapat anda konsmsi untuk melegakan saluran pernafasan. Jika anda tidak menyukai memakan bawang bombay mentah dapat juga anda memasaknya terlebih dahulu.

Itulah beberapa gejala dan obat herbal yang dapat anda ketahui untuk mengobati sakit asma pada anak maupun dewasa.  Jangan biarkan gejala asma pada anak  menyerang anak anda. Karena anda tidak dapat mengabaikan begitu sa ja penyakit ini.

Sekian dulu artikel saya mengenai Ciri-ciri Gejala Asma. Semoga teman-teman terbantu dengan tips-tips kesehatan yang saya bagikan. Tetap mengunjungi blog pribadi ini dan jangan lupa untuk membagikan tips ini ke teman-teman dan keluarga Anda. Akhir kata saya ucapkan terimakasih

Sumber Foto : https://pixabay.com/id/

Baca Juga
SHARE
Josua Rifandy
Nama saya Josua Rifandy Siahaan, saya berasal dari Sumatera Utara, tepatnya di Toba Samosir

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar