sgUOEzvIgsbxenaKKZaRdjzIV8wzk768OwwPZ93N
Lakukan 5 Tips Ini untuk Meredakan Sakit Gigi

Iklan Billboard 970x250

Lakukan 5 Tips Ini untuk Meredakan Sakit Gigi

JOSUARIFANDY.COM - Setiap orang pasti pernah sakit gigi.  Tidak hanya ngilu saat makan, sakit gigi juga bisa sampai menyebabkan sakit kepala dan badan meriang karena demam. Namun tidak perlu buru-buru untuk langsung pergi ke dokter gigi. Sementara menunggu jadwal konsultasi, Anda bisa mencoba berbagai cara meredakan sakit gigi sendiri di rumah.

Ilustrasi: Cara Meredakan Sakit Gigi

Cara Meredakan Sakit Gigi di Rumah

Kumur dengan Air Garam

Salah satu cara mengobati sakit gigi yang paling cepat dan ampuh apapun penyebabnya, berkumurlah dengan air garam.

Cara membuatnya cukup dengan melarutkan ½ sdt garam ke dalam satu gelas air hangat (240 ml). Kumur selama beberapa saat serta coba konsentrasikan pada area yang sakit. Kemudian buang bekas air kumur. Garam akan menyerap kelembapan dalam mulut yang membantu membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Air garam juga membantu mengurangi peradangan akibat infeksi sehingga cocok untuk meredakan sakit gigi.

Mengunyah Bawang Mentah

Jika ngilunya tidak seberapa, mungkin cara yang satu ini bisa Anda coba. Bawang merah dan bawang putih dapat digunakan sebagai obat sakit gigi alami namun belum begitu populer digunakan. Keduanya memiliki sifat antiseptik dan antimikroba untuk membunuh kuman penyebab sakit gigi serta mampu mengendalikan rasa nyerinya.

Bawang Putih dipercaya Efektif dalam Penanganan Sakit Gigi

Cara meredakan sakit gigi dengan bawang merah adalah dengan mengunyahnya selama beberapa menit. Saat bawang tersebut sudah terkoyak oleh gigi, bawang akan melepaskan allicin, zat berminyak yang berfungsi membunuh bakteri. Jika Anda tidak bisa mengunyah bawang, iris tipis bawang dan letakkan langsung di gigi yang sakit sebagai kompres.

Berkumur dengan Air Cuka

Jika Anda kurang berminat dengan asinnya air garam, mungkin cara mengobati sakit gigi ini bisa jadi pilihan. Cuka sendiri mengandung sifat antibakteri dan antimikroba yang ampuh membunuh kuman penyebab sakit gigi.

Namun, jangan berkumur dengan cuka murni karena bisa merusak lapisan enamel gigi jika terpapar langsung. Maka, larutkan dulu 1/2 sdt cuka ke dalam segelas air hangat. Kumur dan tahan di daerah yang sakit selama kurang lebih 30 detik. Setelah itu, segera buang.

Apabila Anda tidak kuat dengan rasa masam dari cuka untuk meredakan sakit gigi Anda, Anda bisa teteskan cuka pada kapas dan tempelkan kapas tersebut pada gigi yang sakit. Jika sudah selesai segeralah berkumur dan sikat gigi dengan pasta gigi khusus gigi sensitif.

Mengompres dengan Es Batu

Caranya mudah hanya dengan memasukkan beberapa bongkah es dalam plastik kemudian lapisi dengan waslap tipis. Kemudian tempel kompres pada bagian pipi yang terasa sakit selama 15 menit. Atau bisa juga tempelkan kompres langsung pada permukaan gigi yang ngilu. Cara meredakan sakit gigi ini akan membuat saraf gigi kebas sehingga ngilu tak lagi terasa.

Ada cara lain yaitu dengan memijat area punggung tangan di antara ibu jari dan telunjuk dengan kompres es batu. Area tersebut adalah tempat saraf-saraf yang sensitif terhadap rangsangan dingin sehingga akan mengalahkan sinyal rasa sakit dari gigi Anda. Pastikan untuk melakukan pijat tangan di sisi yang sama dengan gigi yang ngilu.

Gunakan Daun Jambu Biji

Daun jambu merah memiliki sifat antiradang, antimikroba, dan sekaligus pereda nyeri atau analgesik yang bisa jadi cara mengobati sakit gigi di rumah. Caranya rebus empat sampai lima lembar daun jambu dan tambahkan sejumput garam. Kemudian dinginkan sebentar. Gunakan larutan daun jambu ini sebagai obat kumur.

Rebusan Air Daun Jambu Biji Efektif Meredakan Sakit Gigi

Dengan beberapa cara di atas, Anda bisa meredakan sakit gigi dengan mudah di rumah. Namun jika sakit gigi yang Anda derita tidak kunjung sembuh meski sudah melakukan beberapa cara di atas ada baiknya untuk segera memeriksakan kondisi gigi Anda ke dokter spesialis gigi.
Supaya tidak sampai mengalami sakit gigi, perlu Anda ketahui penyebab dari penyakit yang cukup mengganggu satu ini. Sehingga nantinya Anda bisa lebih berhati-hati dan bisa menghindari penyebab sakit gigi ini.

Penyebab Munculnya Sakit Gigi

Gigi yang Sensitif

Biasanya orang dengan gigi sensitif akan sangat terganggu terutama saat makan atau minum. Gigi akan terasa ngilu jika makan atau minum dengan suhu panas atau dingin.
Gigi bisa sensitif karena resesi gusi (garis gusi turun hingga memperlihatkan akar gigi) atau penipisan enamel gigi. Perawatan gigi seperti cabut gigi hingga pemasangan kawat gigi atau gigi palsu, dapat berdampak pada gigi menjadi sensitif. Hal ini tentu membuat Anda untuk selalu siap bahan-bahan yang bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi.

Suka Menggertakkan Gigi

Kebiasaan menggertakkan gigi dapat merusak saraf dalam mulut dan ujungnya sehingga menjadi penyebab Anda mengalami sakit gigi. Apalagi jika belakangan Anda sering mengeluh nyeri tumpul di belakang kepala atau rahang. Gigi akan terasa lebih sensitive lalu berubah warna jadi agak kusam, serta permukaan teratasnya rata dan licin.

Pembusukkan Gigi

Pembusukan gigi juga salah satu penyebab sakit gigi yang paling umum. Pada tahap awal biasanya tidak menimbulkan rasa sakit karena terjadi pada bagian terluar gigi. Namun seiring pembusukan menggerogoti lapisan bagian dalam gigi, gigi akan mengeropos hingga membentuk lubang.

Pada stadium lanjut, pembusukan dapat menyerap lapisan terdalam gigi yang memunculkan infeksi dengan rasa sakit intens yang tajam sehingga cara meredakan sakit gigi sendiri tidak mampu mengatasi. Infeksi gigi ini dapat menyebabkan pembentukan abses atau benjolan nanah di bawah akar gigi dan kematian gigi. Infeksi gigi dapat menyebar dan menyebabkan kerusakan gigi lebih lanjut seperti penyakit gusi jika tidak diobati.

Karies gigi lebih sering dialami anak-anak karena kebiasaan mereka makan makanan manis atau jarang menyikat gigi. Biasanya karies akan terus berlanjut hingga usia dewasa.

Gusi yang Sakit

Gusi yang sakit merupakan salah satu penyebab sakit gigi yang paling umum. Kondisi ini karena adanya penumpukan plak gigi di sekitar gusi. Akibat bakteri dalam plak bisa mengakibatkan gusi merah membengkak yang terasa amat sakit, hingga mungkin berdarah karena radang.

Ilustrasi: Gusi yang Sakit

Jika gusi yang sakit tidak ditangani dengan benar, penyakit gusi ini lama-lama bisa menyebabkan penggumpalan nanah atau abses yang membuat Anda memiliki bau mulut kronis. Dalam dunia kedokteran gigi, kondisi ini disebut dengan periodontitis.

Periodontitis kemudian merusak jaringan lunak dan tulang yang mendukung gigi Anda. Gusi Anda mulai surut dan gigi dapat melonggar sehingga perlu dicabut. Setelah gusi Anda surut, gusi tidak akan tumbuh kembali. Tentu cara meredakan gigi sakit di atas tidak bisa mengatasi ini.

Infeksi ini dapat menyebar dan menyebabkan kerusakan gigi lebih lanjut. Bahkan, bisa menjalar hingga bagian tubuh lain dan menyebabkan kematian. Maka dari itu, penting untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan baik.

Meski ada cara-cara yang bisa meredakan sakit gigi dan juga ada dokter spesialis gigi yang bisa membantu Anda mengatasi sakit gigi, alangkah baiknya jika menjaga kesehatan gigi, gusi, dan mulut agar tidak sampai sakit. Bagaimanapun juga sakit itu tidak enak dirasakan bukan?

Tidak terasa postingan saya mengenai cara meredakan sakit gigi sudah selesai. Semoga artikel ini membantu teman-teman semua dalam penanganan sakit gigi. Jangan lupa untuk share ke teman-teman dan keluarga Anda agar mereka tahu. Dan tetap berkunjung di blog pribadi saya ya. Akhir kata saya ucapkan terimakasih.

Sumber Foto : 
  1. https://unsplash.com/
  2. https://pixabay.com/id/
Baca Juga
SHARE
Josua Rifandy
Nama saya Josua Rifandy Siahaan, saya berasal dari Sumatera Utara, tepatnya di Toba Samosir

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar