sgUOEzvIgsbxenaKKZaRdjzIV8wzk768OwwPZ93N
Pelajari Cara Mengatasi Vertigo Sebelum Kondisi Semakin Parah

Iklan Billboard 970x250

Pelajari Cara Mengatasi Vertigo Sebelum Kondisi Semakin Parah

JOSUARIFANDY.COM - Banyak penyakit yang akan menyerang tubuh jika tubuh tidak dijaga dengan baik. Terkadang penyakit yang datang tidak memberikan gejala-gejala yang serius. Oleh karena itu menjaga kesehatan merupakan hal yang penting dilakukan oleh semua orang. Salah satu penyakit yang bisa dibilang sederhana namun memiliki resiko yang tinggi adalah vertigo.

Sakit Kepala Secara Tiba-Tiba? Segera Tangani!

Kebanyakan orang mengetahui bahwa vertigo adalah hal yang biasa dialami seseorang ketika merasa lelah dan banyak pikiran. Padahal sebenarnya vertigo dapat menimbulkan resiko yang sangat besar dan berbahaya contohnya adalah kematian. Maka dari itu anda harus mengetahui cara mengatasi vertigo.

Cara Mengatasi Vertigo Sebelum Parah

Penyakit vertigo sering datang secara tiba-tiba dan hal itu mengakibatkan seseorang mengalami pusing yang luar biasa. Karena vertigo datang secara tiba-tiba, hal ini mengakibatkan aktivitas yang sedang dilakukan terganggu. Untuk itu anda perlu mengetahui cara mengatasi vertigo sebelum aktivitas yang dijalankan terganggu. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi penyakit vertigo.

1. Melakukan perawatan di rumah

Salah satu cara yang sederhana untuk mencegah vertigo adalah dengan melakukan perawatan di rumah. Apabila sudah merasa pusing berkunang-kunang maka cara yang perlu anda lakukan adalah duduk kemudian tarik napas panjang lalu hembuskan secara perlahan. Jika anda mengalami vertigo pada malam hari maka pastikan ada cahaya yang cukup untuk menyinari.

Rumah Yang Bersih Akan Menyamankan Pikiran

Setelah melakukan cara-cara diatas secara rutin maka yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah menganalisa perkembangan vertigo yang dialami. Jika frekuensi vertigo semakin menurun maka penyembuhan vertigo bisa berlangsung lumayan cepat.

2. Mengonsumsi obat vertigo

Hal yang dapat anda lakukan untuk mengatasi penyakit vertigo adalah mengonsumsi obat yang telah dianjurkan oleh dokter. Jangan minum obat sembarangan tanpa disertai dengan resep dari dokter. Ada beberapa obat vertigo yang dapat anda coba seperti Diphenhydramine yang mempunyai manfaat untuk meredakan muntah atau mual. Perhatikan takaran dosisnya sebelum meminum obat ini. Dosis dari obat ini adalah 25-50 mg yang diminum setiap 6-8 jam sekali. Kemudian ada Meclizine yang mempunyai fungsi sama dengan obat sebelumnya yaitu meringankan mual dan muntah. Namun obat ini juga bisa digunakan untuk mengatasi vertigo.

Pilihlah Obat yang Sesuai Anjuran Dokter

3. Melakukan tindakan manuver foster

Cara yang selanjutnya adalah melakukan manuver foster. Cara ini dapat meringankan sakit saat vertigo. Cara untuk melakukan manuver foster adalah duduk bersimpuh kemudian kepala mendongak ke atas. Kemudiaan manuver foster dengan posisi sujud dan dagu menyentuh kepala.

4. Melakukan operasi

Jika penyakit vertigo dirasa semakin parah maka anda perlu membawanya ke rumah sakit untuk segera mendapat penanganan berupa operasi.

Jika Dokter Sudah Merekomendasikan Operasi, Segera Operasi

5. Mengatasi vertigo yang disebabkan oleh meniere

Jika vertigo yang anda alami dikarenakan penyakit meniere maka anda perlu mengetahui beberapa hal untuk mengatasinya seperti melakukan akupuntur, menghindari makanan ringan berupa cokelat lalu mengurangi rokok, alkohol, dan kafein. Selain itu hal yang tidak kalah penting adalah mengurangi konsumsi garam.

Penyebab Penyakit Vertigo

Setelah mengetahui beberapa cara mengatasi vertigo yang datang secara tiba-tiba, anda juga perlu mengetahui apa saja penyebab penyakit vertigo. Berikut ini beberapa penyebab vertigo yang perlu anda ketahui.

Memiliki riwayat cedera kepala

Salah satu penyebab vertigo perifer adalah orang tersebut memiliki riwayat cedera kepala. Cedera kepala bisa diakibatkan oleh kecelakaan atau benturan yang tidak disengaja. Apabila anda pernah mengalami benturan atau semacamnya maka hal tersebut perlu diwaspadai. Kemungkinan anda bisa terserang vertigo.

Cidera Kepala dapat Penyebab Utama Vertigo

Mengalami labrintis

Penyebab vertigo memang bermacam-macam salah satunya adalah labrintis. Apa itu labrintis? Pasti anda bertanya-tanya apa itu labrintis. Labrintis merupakan kondisi dimana terjadi sebuah infeksi atau peradangan yang diakibatkan oleh bakteri atau virus yang terdapat pada area telinga bagian dalam, terutama pada saluran lika-liku yang dipenuhi oleh cairan. Mungkin hal ini terlihat sederhana namun akibatnya bisa menjadi berbahaya.

Apabila bagian dalam telinga sudah mengalami peradangan atau infeksi maka fungsi pendengaran dan keseimbangan tubuh akan terganggu. Labrintis bisa menyebabkan penyakit vertigo yang disertai dengan muntah, mual, demam, hingga kesulitan untuk mendengar.

Terjadi peradangan pada saraf telinga bagian dalam

Peradangan pada saraf telinga dalam berbeda dengan labrintis. Peradangan pada saraf telinga dalam disebut dengan Vestibular Neuritis yang artinya peradangan saraf telingan bagian dalam yang terhubung langsung dengan otak.

Peradangan ini bisa terjadi dalam kurun waktu beberapa jam saja namun berulang kali. Anda perlu waspada terhadap peradangan ini karena vestibular neuritis sering datang tanpa memberikan gejala tertentu.

Memiliki penyakit meniere

Penyakit meniere merupakan penyakit langka yang tidak biasa terjadi. Oleh karena itu pasti anda begitu asing dengan penyakit ini. Meskipun tidak sering terjadi tapi penyakit meniere bisa menjadi penyebab penyakit vertigo yang begitu parah.

Apabila anda mengalami vertigo dan itu disebabkan oleh penyakit menire maka salah satu gejala yang akan muncul adalah telinga terasa berdenging kemudian fungsi pendengaran akan berkurang dalam waktu tertentu. Selain itu, anda akan merasa mual kemudian muntah.

BPPV atau Benign paroxysmal positional vertigo

BPPV merupakan penyebab umum terjadinya vertigo. Kondisi ini terjadi karena gangguan pada telinga yang disebabkan oleh posisi tidur yang tiba-tiba berubah. Misalnya perubahan dari menunduk kemudian mendongak, tiba-tiba bangun dari tidur, dan lainnya. Kondisi paling rawan dialami oleh seseorang yang memiliki riwayat operasi pada telinga.

Itulah beberapa cara mengatasi vertigo disertai dengan beberapa penyebabnya. Banyak hal sederhana yang dapat memicu terjadinya vertigo salah satunya adalah dehidrasi dan stres. Maka dari itu, anda diwajibkan untuk menjaga kesehatan dan rutin mengecek ke dokter agar vertigo yang anda alami tidak semakin parah.

Sumber Foto : https://pixabay.com/id/
Baca Juga
SHARE
Josua Rifandy
Nama saya Josua Rifandy Siahaan, saya berasal dari Sumatera Utara, tepatnya di Toba Samosir

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar