sgUOEzvIgsbxenaKKZaRdjzIV8wzk768OwwPZ93N
Penyebab Sakit Pinggang Pada Wanita dan Cara Mengatasinya

Iklan Billboard 970x250

Penyebab Sakit Pinggang Pada Wanita dan Cara Mengatasinya

JOSUARIFANDY.COM - Apakah Anda pernah merasakan sakit pinggang? Jika Anda saat ini merasakan Sakit Pinggang yang lumayan sakit informasi ini mungkin dapat berguna untuk Anda. Sore ini saya akan membahas sedikit mengenai penyebab sakit pinggang pada wanita. Yuk langsung saja simak penjelasan di bawah ini.

Sakit Pinggang yang Sering di Alami oleh Wanita

Penyebab sakit pinggang pada wanita dapat diperoleh dari beberapa faktor. Laki-laki dan perempuan memiliki keadaan fisik yang cukup signifikan. Khususnya organ yang berhubungan dengan organ reproduksi dan otot serta tulang mempunyai perbedaan yang besar. Sakit pinggang cenderung sering dirasakan oleh wanita. Sakit pinggang yang dirasakan wanita sering muncul tiba-tiba tanpa ada gejala terlebih dahulu namun sakitnya akan terasa terus menerus. Ada juga sakit pinggang yang muncul namun langsung hilang dengan sendirinya.

Apabila anda merasakan nyeri pada pinggang, jangan anda sepelekan. Gejala yang segera diperhatikan tidak akan membuat penyakit itu semakin parah. Mengatasi Biasanya sakit pinggang sering diakibatkan karena cedera otot atau sendi di area pinggang. Bisa karena mengangkat beban berat, posisi tubuh yang salah, atau melakukan gerakan secara berulang. Penyebab sakit pinggang pada wanita dikarenakan gangguan infeksi, masalah tulang belakang atau juga karena gangguan organ ginjal.

7 Penyebab Sakit Pinggang Pada Wanita

Anda harus lebih waspada dalam menghadapi kondisi sakit nyeri pada pinggang. Di sini ada beberapa penyebab utama nyeri pada pinggang wanita. Diantaranya:

1. Herniasi Nukleus Pulposus (HNP)

Hampir semua wanita bisa mengalami kondisi HNP yaitu dimana kondisi bantalan tulang belakang agak menonjol sehingga menekan sumsum tulang belakang. Kondisi ini bisa menjadi parah di area pinggang malah terkadang bisa berakibat cedera. Hal ini sering terjadi pada wanita usia lanjut yang sudah osteoporosis.

2. Mioma

Mioma sering juga disebut dengan uterine fibroid, penyakit ini adalah tumor yang tidak berkanker dan menyerang di jaringan otot vagina. Tumbuhnya penyakit ini mengakibatkan rahim mengalami benjolan yang berada pada posisi permukaan, dalam, bahkan lapisan luar dengan jumlah satu atau bahkan kumpulan.

3. Endometriosis

Pertumbuhan lapisan endometrium yang tidak sempurna disebut endometriosis. Nyeri pada pinggang yang sering terjadi saat bersamaan dengan masa menstruasi akan mengakibatkan timbulnya beberapa lapisan sampai keluar dari rahim.

4. Kista Ovarium

Kista ovarium adalah penyakit yang timbul seperti gelembung cairan di ovarium. Jika terjadi keadaan seperti ini ovarium tidak dapat menghasilkan ovum sehingga janin terbentuk dan menempel di rahim. Kista ovarium terjadi karena ada jaringan endometriosis yang berkembang di tuba falopi. Penyakit ini mengakibatkan nyeri pada pinggang yang parah.

5. Batu Ginjal

Batu ginjal biasanya timbul karena anda sering memakan makanan tertentu sehingga terjadi pengendapan di ginjal. Batu ginjal berbentuk kristal atau batu yang tajam. Rasa sakit di pinggang akan muncul saat wanita melakukan kegiatan yang berat.

6. Osteoporosis

Wanita yang terkena osteoporosis biasanya sulit menyerap kalsium di dalam tubuhnya. Karena kebutuhan kalsiumnya kurang maka tubuh memenuhinya dari tulang belakang. Osteoporosis membuat wanita terkena nyeri pinggang yang cukup lama.

7. Terlalu Sering Duduk

Bagi wanita yang sering duduk biasanya mengalami sakit pada tulang ekornya. Kondisi seperti ini banyak dialami pada wanita yang sedang hamil atau yang sering melakukan aktivitas olahraga bersepeda.

Jika anda sering merasakan nyeri pada pinggang sesuai uraian di atas, anda harus segera periksa ke dokter.

Terlalu Sering duduk

Penyebab Sakit Pinggang pada Wanita Hamil

Sakit pinggang dan nyeri pada tulang belakang sering dirasakan oleh wanita yang sedang hamil. Saat hamil wanita akan mengalami banyak perubahan.

Penyebab Nyeri Pada Wanita yang Sedang Hamil

1. Hormon Rileks

Hormon ini membuat jaringan yang terhubung dengan tulang lebih tidak tegang dan tenang. Saat hamil hormon rileks banyak dikeluarkan, Terlalu rileksnya otot sehingga tidak dapat menahan beban perut dan mengakibatkan nyeri pada tulang belakang.

2. Bertambah Berat Badan

Tubuh sulit beradaptasi saat mengalami pertambahan berat badan, sehingga menimbulkan stres pada sendi dan tulang. Jika berat badan terus naik lebih dari ukuran normal wanita hamil maka anda disarankan terus berkomunikasi dengan dokter.

Akibat Bertambah Berat Badan dapat Mengakibatkan Sakit Pinggang

3. Postur Tubuh yang Baik

Berubahnya postur tubuh dikarenakan bertambahnya berat badan yang tidak seimbang mengakibatkan tidak nyamannya dalam menyeimbangkan tubuh.

4. Rentan Osteoporosis

Bayi dalam kandungan membutuhkan banyak kalsium untuk pertumbuhan dan pembentukan tulangnya. Ibu yang kekurangan kalium akan mengakibatkan timbulnya penyakit osteoporosis.
Agar rasa nyeri pada wanita hamil lakukan pijatan lembut akan mengurangi timbulnya rasa nyeri. Kurangi mengangkat beban berat dan harus cukup istirahat. Itulah beberapa penyebab terjadinya sakit pinggang pada wanita hamil.

Gangguan saraf tulang belakang yang bisa mengakibatkan nyeri pada pinggang meliputi:
Peradangan pada sendi di tulang belakang, penyempitan ruas tulang belakang, pengikisan bantalan tulang belakang akibat proses penuaan, kelainan pada lengkung tulang belakang, dan cedera tulang belakang akibat kecelakaan atau benturan.

Pengobatan Sakit Pinggang

Pengobatan sakit pinggang dapat diobati sendiri tergantung seberapa parah sakit pinggang yang diderita. Sakit pinggang yang disebabkan karena otot yang tegang dapat diobati secara mandiri. Cara yang dapat dilakukan diantaranya:

Tetap Beraktivitas

Otot pinggang akan melemah jika anda banyak beristirahat. Aktivitas ringan bisa anda kerjakan seperti berjalan cepat atau melakukan pergelangan otot. Namun hindari aktivitas berat selama kondisi pemulihan.

Beraktivitas Setiap Pagi dapat Mengobati Sakit Pinggang

Kompres Dingin

Mengompres dengan air dingin akan mengurang bengkak pada pinggang anda. Bungkus es dengan kain lakukan kompres seperti ini dalam waktu 2 sampai 3 hari.

Kompres Hangat

Setelah dikompres dengan air dingin anda lanjutkan dengan mengompres air hangat. Air hangat berguna untuk mengurangi peradangan, melemaskan otot, dan meningkatkan aliran darah. kompres air hangat dapat dilakukan 20-30 menit setiap 2 atau 3 jam.

Penyebab sakit pinggang pada wanita mudah diketahui, oleh sebab itu anda harus berhati-hati dengan beberapa gejala yang anda rasakan. Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Kenali gejalanya sejak dini agar tidak berakibat fatal di kemudian hari.

Tak terasa postingan ini sudah selesai. Semoga dengan informasi yang saya bagikan ini dapat membantu Anda dalam menangani sakit pinggang. Jangan lupa untuk membagikan informasi ini kepada teman-teman atau saudara Anda. Sekian dulu jika ada penulisan kata mohon dimaafkan. Akhir kata saya ucapkan Terimakasih.

Sumber Foto : https://unsplash.com

Baca Juga
SHARE
Josua Rifandy
Nama saya Josua Rifandy Siahaan, saya berasal dari Sumatera Utara, tepatnya di Toba Samosir

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar