sgUOEzvIgsbxenaKKZaRdjzIV8wzk768OwwPZ93N
Penyebab Gigi Berlubang yang Tidak Bisa Disepelekan

Iklan Billboard 970x250

Penyebab Gigi Berlubang yang Tidak Bisa Disepelekan

JOSUARIFANDY.COM - Penyebab gigi berlubang dapat dipengarui dari makanan yang kita konsumsi. Mulut adalah salah satu bagian anggota tubuh yang dikatakan kinerjanya  lumayan sibuk. Makanan yang masuk ke tubuh akan melewati mulut terlebih dahulu, sehingga di dalam mulut banyak ditemukan bakteri maupun organisme yang hidup dan berkembang . Saat mengunyah atau berbicara terjadi kegiatan dari lidah, gigi, gusi serta bibir sehingga terkadang saat anda mengunyah makanan ada udara yang masuk dan kuman juga terbawa ke dalamnya.

Penyebab Gigi Berlubang

Bakteri yang masuk ke dalam mulut tidak semuanya berbahaya. Ada beberapa bakteri yang dapat menempel pada email gigi sehingga dapat menyelubungi gigi. Jika sudah terjadi hal yang seperti ini ada baiknya anda segera membersihkan gigi agar bakteri di dalam mulut tidak berkembang dan bertambah banyak. Nantinya jika bakteri bercampur dengan protein dari air liur akan terbentuklah plak gigi. Plak pada gigi menjadi salah satu penyebab gigi berlubang.

Antisipasi Penyebab Gigi Berlubang

Ada beberap penyebab gigi anda berlubang yang terkadang rasa sakitnya tidak tertahankan. Diantaranya:

1. Timbunan Plak

Timbunan plak disebabkan oleh garam mineral yang sangat sensitif terhadap asam. Asam dihasilkan oleh plak yang tertinggal pada waktu gigi dibersihkan. Email gigi mempunyai tekstur yang keras dan garam mineral yang diperoleh dari air liur sehingga membuatnya tetap kokoh.
Asam ini juga dapat merusak garam mineral yang fungsiya untuk menguatkan gigi. Jika gigi keropos biasanya munculah lubang kecil yang lama kelamaan menjadi besar. Agar gigi anda tidak mudah keropos dan berlubang sebaiknya anda sering mengunjungi dokter gigi untuk membersihkan plak pada gigi.

2. Makanan Manis

Gula juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan gigi berlubang. Mengkonsumsi makanan manis dan gula dapat merusak bahkan menambah parah kerusakan gigi. Gula merupakan sumber energi bakteri yang berkumpul sehingga membentuk plak.
Plak akan mudah timbul dan semakin tebal karena koloni bakteri berkembang dengan cepat. Bakteri dalam mulut terkadang sulit untuk dihilangkan oleh air liur atau sikat gigi. Hal ini disebabkan karena bakteri merubah gula menjadi lem yang di mana mereka dapat menempel ke permukaan gigi.

Makanan Manis Merupakan Salah Satu Penyebab Gigi Berlubang

3. Letak Gigi

Area gigi bagian belakang yang memiliki tekstur berlekuk dan memiliki celah berpotensi untuk menyimpan sisa makanan. Area ini juga susah untuk dibersihkan yang berakibat gigi berlubang yang sering terjadi.

4. Kebersihan Gigi Tidak Terjaga

Sisa makanan dan plak merupakan penyebab gigi anda berlubang. Oleh karena itu, anda harus rajin membersihkan gigi. Hal yang dapat dilakukan untuk membersihkan gigi yaitu sikat gigi paling tidak 2x sehari, setelah makan dan malam sebelum tidur. Anda juga dapat membersihkan sela-sela gigi dengan dental floss (membersihkan sela gigi dengan benang).

5. Kurang Fluoride

Fluoride adalah salah satu mineral alami yang bisa membantu mengurangi resiko gigi berlubang. Zat flouride adalah zat yang banyak digunakan produsen pasta gigi sebagai zat tambahan pembuatan pasta gigi.

6. Mulut Kering

Air liur berfungsi untuk mengikis plak dan sisa makanan pada gigi. Kurangnya air liur dapat berakibat timbulnya lubang pada gigi. Beberapa zat yang terkandung dalam air liur dapat mencegah bakteri memproduksi asam sehingga gigi tidak mudah rusak dan berlubang.

7. Gangguan Lambung

Saat ganguan lambung terjadi atau ketika anda mengalami sakit maag, lidah akan terasa lebih asam dibanding dengan biasanya. Hal ini terjadi karena asam lambung naik ke mulut, sehingga dapat mengakibatkan rusaknya email gigi.

8. Usia

Gigi berlubang dapat terjadi kepada siapa saja, entah itu anak-anak, dewasa, maupun lansia. Usia juga menjadi faktor yang bisa menyebabkan gigi berlubang. Apalagi usia anak-anak lebih rentan mengalami gigi berlubang, hal ini disebabkan karena mereka tidak rajin membersihkan gigi. Terkadang mereka juga ceroboh dalam memilih makanan, makanan manis yang seharusnya dikurangi tetapi mereka lebih senang mengkonsumsinya.

9. Kawat Gigi

Penggunaan kawat gigi maupun aksesoris gigi yang lain dapat mengakibatkan gigi mudah berlubang. Biasanya makanan banyak yang menyangkut di kawat gigi dan sulit dibersihkan. Kondisi seperti ini bisa menjadi sarang bakteri sehingga akan membentuk plak.

Behel dapat Menjadi Penyebab Gigi Berlubang

Cara Mengatasi Gigi Berlubang Secara Alami

Setelah mengetahui beberapa penyebab gigi berlubang anda juga harus tau cara alami mengobati sakit gigi berlubang yang dapat mengatasi sakit gigi anda. Diantaranya:

Garam

Garam mengandung antibakteri dan antiseptik yang bisa mengobati gigi berlubang. Air garam berfungsi sebagai obat kumur untuk meredakan nyeri pada gigi, infeksi pada gigi, serta mengurangi perkembangan bakteri di mulut.

Bawang putih

Bawang putih direkomendasikan untuk mengobati gigi berlubang dan berfungsi sebagai antibakteri. Dengan bawang putih rasa sakit yang dirasakan akan berkurang, gusi dan gigi akan menjadi lebih sehat. Caranya anda bisa memakan langsung bawang putih mentah-mentah atau anda bisa menggosokan minyak bawang putih pada area yang berlubang.

Bawang Putih Sangat Ampuh dalam Pengobatan Gigi Berlubang

Kunyit

Kunyit mengandung vitamin C yang berguna sebagai anti peradangan dan anti baktei. Kunyit juga dapat mencegah gigi berlubang, infeksi bakteri, dan memberikan kesehatan pada gusi. Gunakan bubuk kunyit dengan cara mengoleskan maupun untuk berkumur.

Rutin periksa ke dokter menjadi salah satu yang dapat anda lakukan untuk mencegah terjadinya lubang pada gigi anda. Jaga kebersihan mulut setiap hari menjadi peranan penting  untuk menjaga kesehatan gigi anda.

Penyebab gigi berlubang terkadang tidak kita sadari. Sakit gigi memang hal yang sepele, namun rasa sakit yang dirasakan tidak bisa disepelekan. Agar gigi tidak berlubang, anda harus memperhatikan beberapa penyebab yang bisa anda waspadai lebih awal.

Tak terasa postingan saya mengenai penyebab gigi berlubang telah selesai. Terimakasih telah mau membaca blog ini sampai selesai. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman ataupun saudara Anda. Sekali lagi saya ucapkan terimakasih.

Baca Juga
SHARE
Josua Rifandy
Nama saya Josua Rifandy Siahaan, saya berasal dari Sumatera Utara, tepatnya di Toba Samosir

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar