sgUOEzvIgsbxenaKKZaRdjzIV8wzk768OwwPZ93N
15 Makanan Ini Mampu Mencegah Kanker

Iklan Billboard 970x250

15 Makanan Ini Mampu Mencegah Kanker

JOSUARIFANDY.COM - Kanker adalah penyakit yang sangat mengerikan. Obat yang ditemukan belum sempurna sehingga membuat penyakit ini menjadi momok dalam kehidupan. Ketika tingkat kanker sudah semakin kritis maka kemampuan bertahan hidup juga menipis. Terlalu banyak penderita kanker yang meninggal dunia juga membuat trauma tersendiri bagi masyarakat.

Makanan Pencegah Penyakit Kanker

Suatu penyakit tentunya ada penyebab tertentu. Segala penyakit memang berasal pada perut yang berakar pada pola makanan yang masuk ke dalamnya. Terlalu banyak mengkonsumsi bahan kimia apalagi yang terkandung dalam junkfood atau makanan cepat saji lainnya menjadi salah satu penyebabnya. Beralih ke makanan yang alami dan sehat menjadi alternatif dalam mencegah penyakit kanker.

Beberapa makanan ampuh mencegah kanker

Wortel

Berdasarkan penelitian yang telah diterbitkan di Amerika Serikat menyatakan bahwa wortel mampu menurunkan risiko kanker. Dalam hal ini kanker yang dituju adalah kanker lambung dengan prosentase sebanyak 26%. Sedangkan dalam pubilkasi lain wortel juga mampu menurunkan risiko kanker prostat sebesar 18%.

Selain itu, untuk para perokok disamping menghentikan kegiatan merokoknya, mengkonsumsi wortel juga dapat menurunkan risiko kanker paru-paru. Hal ini tentunya didasarkan pada penelitian bahwa perokok yang rutin mengkonsumsi wortel mempunyai resiko 3x lebih kecil dibanding dengan yang tidak mengkonsumsinya. Tentunya akan sangat lebih baik jika perokok menghentikan rokoknya juga.

Brokoli

Sayuran yang digunakan untuk mencegah kanker tidak lain adalah brokoli. Sayuran jenis ini sangat mudah ditemukan di pasaran. Kandungan zat fitronutrien dalam brokoli ini diklaim dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Selain itu juga terdapat zat sulforaphane yang dapat menurunkan resiko kanker payudara hingga 75%.

Zat Sulforaphane pada Brokoli Sangan Efektif Mencegah Kanker

Pada penelitian lain juga mengatakan bahwa brokoli dapat mengurangi resiko kanker prostat dan kanker usus. Tidak hanya itu, studi ini juga mengklaim brokoli dapat menurunkan risiko pertumbuhan tumor. Namun demikian, penelitian ini masih berdasarkan percobaan pada hewan tetapi tidak menutup kemungkinan juga dapat berefek pada manusia mengingat genetika dari hewan yang mirip dengan manusia.

Minyak zaitun

Minyak zaitun yang biasa digunakan memasak juga efektif mencegah kanker. Kandungan dalam minyak zaitun tenyata dapat mengurangi resiko kanker yang menyerang sistem pencernaan. Penggunaan minyak jenis ini tentunya lebih sehat jika dibanding dengan minyak sawit ataupun minyak kelapa.

Bawang putih

Bawang putih pada umumnya digunakan sebagai penyedap dalam urusan dapur. Siapa sangka kalau bawang putih ternyata memiliki zat penangkal kanker yang disebut allicin. Konsumsi bawang putih, bawang bombay dan daun bawang membuat penurunan resiko kanker daripada yang tidak mengkonsumsinya sama sekali.

Ikan

Ikan memang menjadi primadona terbaik di bidang protein. Tidak diragukan lagi ikan sangat efisien membuat kesehatan meningkat. Konsumsi ikan yang rutin paling tidak seminggu sekali ternyata dapat menurunkan risiko kanker.

Omega-3 dan Vitamin D pada Ikan dapat Mencegah Kanker

Jenis ikan yang dikonsumsi juga bukan ikan sembarangan. Beberapa jenis yang diklaim mampu menurunkan risiko kanker seperti jenis ikan salmon dan sarden. Kedua ikan tersebut mengandung lemak omega-3 dan vitamin D yang sangat baik untuk pencegahan kanker.

Tomat

Kandugan lycopene pada tomat selain membuat tomat berwarna merah juga ternyata membuat tomat mampu mencegah kanker. Sebuah studi yang telah diterbitkan dalam bentuk jurnal juga mengklaim bahwa tomat mampu menurunkan risiko kanker prostat. Jenis kanker lain yang dapat dicegah dari lycopene adalah kanker mulut, kanker paru-paru, kanker serviks, kanker payudara, kanker usus dan kanker pencernaan lainnya.

Kedelai

Kedelai yang merupakan sumber protein nabati yang banyak dijumpai sehari-hari sebagai bahan dasar makanan. Selain sebagai sumber protein ternyata kedelai yang mengandung phytoestrogen mampu menurunkan risiko kanker payudara dan kanker prostat. Zat ini juga masih bisa ditemukan dalam bentuk tempe, tahu ataupun susu kedelai.

Buah berry

Buah berry merupakan buah segudang manfaat yang tidak lagi diragukan khasiatnya. Tentunya hal ini bersumber dari berbagai penelitian pendukung yang telah dipublikasikan oleh NCBI. Studi yang dilakukan melibatkan 25 orang penderita kanker usus yang mengungkapkan bahwa buah berry dapat menghambat pertumbuhan sel kanker sebanyak 7%. Namun ada buah yang masih sejenis yaitu raspberry yang mampu mengurangi 62% pertumbuhan sel kanker.

Berry dapat Menghambat Pertumbuhan Kanker

Kacang-kacangan

Bahan makanan yang mudah ditemukan ini ternyata mampu mencegah kanker. Kacang merupakan jenis makanan yang banyak digemari bayak kalangan dari mulai anak-anak hingga dewasa. Kandungan dalam kacang berupa selenium yang bersifat anti kanker ternyata dapat mencegah pertumbuhan kanker pankreas dan endometrium loh.

Kayu manis

Jenis bumbu dapur ini diklaim mampu mencegah kanker selain dapat mengontrol kadar gula darah. Kandungan yang dimiliki oleh kayu manis yang bersifat anti inflamasi tenyata sangat berguna bagi kesehatan. Fungsinya dalam pencegah kanker juga mampu menghentikan penyebarannya dalam tubuh.

Sereal gandum 

Sereal gandum yang banyak dikonsumsi pada saat sarapan ataupun sebagai makanan alternatif pada saat diet ternyata mengandung segudang manfaat. Kandungannya yang kaya akan asam folat dan vitamin B mampu menghambat sel kanker. Dalam hal ini sangat efektif untuk menghambat pertumbuhan kanker payudara dan kanker usus

Telur

Makanan dengan gambaran protein utuh ternyata sangat efektif untuk mencegah kanker. Telur yang diperkaya asam folat ini dapat dijumpai di berbagai jenis. Tetapi alangkah baiknya jika telur yang dikonsumsi bukan dari telur ayam negeri melainkan dari telur ayam kampung.

Teh

Teh merupakan minuman yang sangat akrab dikonsumsi di pagi atau malam hari. Minuman ini merupakan minuman yang dapat dijangkau seluruh kalangan dimanapun berada. Kandungan dalam teh yang mampu mengikat juga sudah teruji khasiatnya dalam melawan beberapa penyakit terutama jenis teh hijau.

Kandungan Teh Alami Baik Mencegah Kanker

Anggur

Buah yang tak kalah fenomenal dalam mencegah kanker adalah buah anggur. Dijuluki sebagai ratu buah ternyata manfaat dari buah anggur ini tidak main-main. Kandungan dari anggur yang bernama resverol yang merupakan anti oksidan ini ternyata sangat efektif untuk menurunkan kanker.

Kunyit 

Kunyit yang digunakan sebagai bumbu masakan ataupun digunakan untuk jamu ternyata mampu mencegah kanker. Zat anti oksidan dan anti inflamasi inilah yang mampu menurunkan perkembangan kanker.

Dari berbagai makanan alami di atas tentunya ada yang harus digarisbawahi ya. Perawatan pertumbuhan dari makanan tersebut juga tidak menggunakan pupuk jenis yang berbahaya sehingga kandungannya tetap terjaga. Penggunaan pupuk yang berbahaya selain menurunkan kandungan juga dapat menimbulkan risiko penyakit lainnya.

Memang penelitian yang digunakan masih perlu banyak perbaikan hingga khasiat dari berbagai makanan tersebut teruji seratus persen valid. Dibalik teruji atau tidaknya makanan tersebut untuk mengantisipasi pertumbuhan kanker memang tidak ada salahnya untuk mencoba menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Seperti pepatah sedia payung sebelum hujan. Mencegah penyakit yang mematikan ini memang lebih baik dari mengobatinya.

Bagi Anda yang yang ingin memulai hidup sehat agar terhindar dari kanker tentunya dapat meninggalkan berbagai makanan junkfood ataupun fastfood bahkan minuman bersoda. Hal ini sangat efektif untuk menhindari penyakit yang sangat menyeramkan tersebut. Selamat mencoba untuk hidup lebih sehat dengan sayuran dan buah-buahan yang segar dan menyehatkan.


Sumber Foto : https://unsplash.com
Baca Juga
SHARE
Josua Rifandy
Nama saya Josua Rifandy Siahaan, saya berasal dari Sumatera Utara, tepatnya di Toba Samosir

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar