sgUOEzvIgsbxenaKKZaRdjzIV8wzk768OwwPZ93N
Gempur Rokok Ilegal

Iklan Billboard 970x250

Gempur Rokok Ilegal

JOSUARIFANDY.COM - Hi Teman-teman. Semangat Pagi. Gimana kabar pagi hari ini, Sudah semangat? Harus semangat dong. Karena pagi ini saya akan membagikan postingan yang cukup menarik buat Anda semua. Tema yang akan saya bagikan yaitu tentang Rokok Ilegal.



Saya yakin untuk sebagian besar teman-teman yang membaca postingan ini pasti belum terlalu mengerti dengan yang namanya rokok ilegal. Gimana sih rokok yang dikategorikan sebagai rokok ilegal, apa sih ciri-ciri rokok ilegal? apasih dampaknya jika kita menjual atau mengkonsumsi rokok ilegal? Nah kali ini saya akan mencoba membagikan sedikit pengetahuan saya mengenai hal tersebut. Untuk teman-teman yang sudah mengetahuinya lanjut baca ya.



Dasar Hukum

Sebelum saya lanjut membahas mengenai rokok ilegal, saya akan membagikan dasar hukum yang mengatur mengenai rokok ilegal di Indonesia. Dasar hukum yang mengatur mengenai rokok yaitu Undang-Undang Cukai. Mengapa undang-undang Cukai? Karena rokok yang banyak dikonsumsi masyarakat saat ini memiliki cukai, hal tersebut dapat kita ketahui dengan adanya pita cukai di rokok.

Jadi dasar hukum yang mengatur rokok di Indonesia adalah Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2007 Tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1995 Tentang Cukai. Buat teman-teman yang mau baca peraturan tersebut bisa dengan mengklik link ini : Undang-Undang Cukai

Nah setelah mengetahui rokok Undang-Undang yang mengatur rokok tersebut, gimana sih yang contoh rokok yang dikategorikan sebagai rokok ilegal? Nah rokok ilegal biasanya dapat dilihat dari kondisi pita cukai yang melekat pada rokok tersebut. Berikut saya akan jelaskan 4 kondisi pita cukai yang dikategorikan ilegal.


1. Rokok Pita Cukai Palsu
Rokok yang dikatakan pita cukai palsu biasanya menggunakan pita cukai layaknya pita cukai mainan. Pita cukai tersebut tidak memiliki Hologram, Lambang pancasila, ataupun warna yang tidak sesuai seperti pita cukai yang asli. Jika Anda melihat sekilas pasti anda tahu bahwa pita cukai rokok tersebut palsu. Berikut contoh Rokok yang menggunakan pita cukai palsu.




2. Rokok Pita Cukai Bekas

Rokok yang menggunakan pita cukai bekas juga dikategorikan sebagai rokok ilegal. Rokok dengan pita cukai bekas biasanya terlihat ada sobekan, kerutan ataupun tampak kusut pada pita cukai tersebut. Selain merugikan pendapatan negara, kualitas rokok tersebut juga menjadi diragukan. Kita tidak tau tembakau apa yang dimasukkan ke dalam rokok tersebut. Jadi jika teman menemukan rokok seperti itu di toko segera ditolak atau laporkan ke pihak yang berwajib.


3. Rokok Pita Cukai Berbeda

Pada pita cukai yang asli akan terlihat komponen-komponen pita cukai seperti hologram, lambang, tulisan, nama perusahaan, jenis rokok dan lain-lain. Nah jika keterangan yang ada di rokok tidak sesuai dengan apa yang ada di pita cukai maka rokok tersebut masuk dalam kategori rokok ilegal. Contohnya jika rokok tersebut merupakan jenis rokok kretek (SKT) namun di pita cukai ditulis rokok filter (SKM) maka pita cukai tersebut tidak sesuai dengan peruntukannya, artinya rokok tersebut adalah rokok ilegal. Makanya harus teliti ya teman-teman.


4. Rokok Tanpa Pita Cukai

Nah dari semua rokok ilegal, rokok tanpa pita cukai inilah yang paling mudah untuk diketahui. Karena pada rokok tersebut tidak ada dilekati pita cukai sama sekali. Berikut contoh rokok yang tidak memiliki pita cukai.




Tips dari Saya!! Sebenarnya cara termudah untuk mengetahui apakah rokok tersebut ilegal atau tidak adalah dengan melihat harganya. Biasanya rokok resmi termurah dengan jumlah batang memiliki harga sekitar 12-16 adalah Rp.8000,00 - Rp.12.000,00. Nah jika teman menemukan rokok dengan jumlah batang 16-20 dengan harga Rp.5000,00 - Rp.7000,00 rokok tersebut kemungkinan besar merupakan rokok ilegal.  Tapi tetap di cek ya teman-teman soalnya ini belum tentu benar.

Nah sekarang teman-teman sudah mengetahui gimana rokok ilegal itu. Pertanyaan selanjutnya adalah apa dampak jika kita mengkonsumsi/menjual rokok tersebut?


1. Merugikan Pendapatan Negara

Pita cukai merupakan salah satu tanda bahwa rokok tersebut telah lunas pajaknya. Nah jika anda menjual rokok tanpa pita cukai mau tidak mau Anda sudah terlibat dalam merugikan pendapatan negara. Bayangkan saja jika satu bungkus rokok ilegal terjual akan merugikan negara sebanyak Rp.7000,00. Bayangkan jika rokok tersebut beredar keseluruh Indonesia dan terjual sebanyak 1 juta bungkus, akan merugian negara sebanyak 7 miliyar rupiah.
Di dalam undang-undang cukai pasal ke 54 dengan tegas disampaikan 
Setiap orang yang menawarkan, menyerahkan, menjual, atau menyediakan untuk dijual barang kena cukai yang tidak dikemas untuk penjualan eceran atau tidak dilekati pita cukai atau tidak dibubuhi tanda pelunasan cukai lainnya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 29 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 5 (lima) tahun dan/atau pidana denda paling sedikit 2 (dua) kali nilai cukai dan paling banyak 10 (sepuluh) kali nilai cukai yang seharusnya dibayar.
Nah cukup jelas bukan bahwa setiap orang yang menjual rokok ilegal akan dikenakan pidana paling singkat 1 tahun dan paling lama 5 tahun serta ditambah denda administrasi.


2. Berbahaya untuk Kesehatan

Selain merugikan pendapatan negara rokok ilegal juga berbahaya untuk kesehatan Anda. Kita tidak tau rokok tersebut aman atau tidak karena pabrik yang memproduksi biasanya adalah pabrik ilegal atau home industri yang belum teruji kelayakannya. 


3. Merusak Pasar Rokok Resmi

Jika rokok ilegal merajai pasar maka rokok resmi akan ditinggalkan masyarakat. Karena harga rokok ilegal yang dominan lebih murah hal tersebut bisa saja terjadi. Jika rokok resmi ditinggalkan masyarakat pasti akan banyak hal negatif terjadi seperti pendapatan negara berkurang dan pasti berdampak ke kesehatan masyarakat. Jadi disini kita yang menentukan, jika teman-teman tetap mau mengkonsumsi rokok tersebut malah akan membuat pabrik rokok ilegal tetap jalan terus. Namun apabila permintaan dari kita tidak ada, saya yakin pabrik rokok ilegal tersebut akan berhenti sendirinya.


4. Menambah Potensi Perokok Pemula

Rokok ilegal yang tak membayar pajak pasti akan membuat rokok tersebut tergolong rokok murah. Hal tersebut akan berakibat menambahnya potensi seseorang untuk memulai merokok. Masyarakat yang masih muda pasti banyak yang penasaran dengan rokok, namun untuk saat ini rokok resmi sudah mulai cukup mahal dan tidak terjangkau bagi banyak orang. Rokok ilegal merupakan salah satu solusi bagi mereka.

Sebagai tambahan saya akan membagikan beberapa foto rokok ilegal agar teman-teman tidak mau membeli atau menjual rokok ini lagi.


Rokok Ilegal Fred Super


Rokok Ilegal HERO


Rokok Ilegal Boss Mild

Rokok Ilegal GLS Sport


Rokok Ilegal Gudang Gaman


Rokok Ilegal SMD Bold


Rokok Ilegal SMD

Tak terasah postingan ini sudah selesai saja. Mungkin yang menjadi kesimpulan dari saya yaitu buat teman-teman yang sedang menjual atau mengkonsumsi rokok ilegal sebaiknya berhenti saja karena semua itu tidaklah baik. Boleh membuat usaha namun buat usaha yang legal. Karena legal itu mudah.

Sekian postingan saya hari ini, jika ada kesalahan kata atau pendapat yang saya buat mohon dimaafkan ya. Jangan lupa untuk berkunjung ke blog pribadi ini lagi dan menungguh update-update dari saya. Saya Josua Rifandy terimakasih.

Baca Juga
SHARE
Josua Rifandy
Nama saya Josua Rifandy Siahaan, saya berasal dari Sumatera Utara, tepatnya di Toba Samosir

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar