sgUOEzvIgsbxenaKKZaRdjzIV8wzk768OwwPZ93N
Mengenali Gejala Tipes Pada Anak dan Penanganannya

Iklan Billboard 970x250

Mengenali Gejala Tipes Pada Anak dan Penanganannya

JOSUARIFANDY.COM - Jika Anda sudah berkeluarga sangat sedih rasanya jika anak kita sedang sakit. Namun kita sering tidak tahu penyakit apa yang sedang di alami anak kita sehingga kita tidak tahu cara menanganinya. Nah pada kesempatan ini saya akan membagikan sebuah referensi mengenai gejala tipes pada anak. Berikut penjelasannya.

Gejala Tipes pada Anak

Penyakit dapat menyerang siapa saja dan kapan saja tanpa memandang usia. Banyak penyakit yang datang tanpa memperlihatkan gejala khusus kemudian lama-kelamaan menyebabkan kematian. Salah satu penyakit yang perlu diwaspadai adalah tipes. Penyakit ini dalam istilah kedokteran dikenal dengan demam tifoid yang diartikan sebagai penyakit menular akibat bakteri salmonella typhi. Penyakit ini rentan menyerang anak-anak. Karena seperti yang diketahui, bahwa anak-anak terkadang sembarangan dan belum bisa menjaga kebersihan. Oleh karena itu, para orang tua harus waspada dan selalu memperhatikan gejala tipes pada anak.

Gejala tipes datang secara tiba-tiba dan bertahap dalam kurun waktu tertentu. Apabila tidak diobati, tipes akan semakin memburuk dan dapat menyebakan kematian. Penyakit tipes yang semakin memburuk ditandai dengan adanya ruam berbintik pada bagian dada disertai dengan penurunan berat badan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan para orang tua ketika anaknya merasa demam. Gejala tipes pada anak seringkali tidak diketahui oleh para orang tua. Sehingga membuat anak terlambat untuk diobati dan keadaannya semakin parah.

Mengenali Gejala Tipes Pada Anak

Penyebab dari penyakit tipes bisa dibilang sangat sederhana yaitu karena bakteri. Bakteri tersebut berasal dari makanan, minuman, air kotor, dan mainan anak. Itulah sebabnya para orang tua harus waspada dan mengetahui gejala-gejalanya. Berikut ini beberapa gejala tipes yang menyerang anak.

1. Badan terserang demam tinggi

Gejala ini ternyata sering diabaikan karena dianggap sebagai demam biasa. Pada awal demam biasanya masih pada suhu normal, namun setelah itu suhu demam akan naik hingga lebih dari 39 derajat celcius. Suhu demam yang tinggi akan membuat kondisi anak semakin rewel daripada biasanya. Apabila demam ini berlangsung selama 7 hari bahkan lebih, segera pergi ke dokter untuk memeriksa keadaan anak anda.

Demam Tinggi merupakan salah Gejala Tipes

2. Pencernaan terganggu

Seperti yang diketahui diatas bahwa penyakit tipes diakibatkan oleh bakteri yang membuat makanan dan minuman terkontaminasi. Anak-anak pun sembarangan ketika memakan atau meminum sesuatu tanpa memperhatikan bersih dan tidaknya. Hal itu membuat anak-anak mengalami gangguan pencernaan yang dapat membuat perut sakit. Lebih parahnya anak akan mengalami diare karena terjadi infeksi pada usus dua belas jari.

3. Berkurangnya Nafsu Makan

Jika anak tiba-tiba tidak mau makan, maka anda sebagai orang tua perlu mewaspadainya. Karena memburuknya nafsu makan merupakan awal dari penyakit tipes. Perlu anda ketahui bahwa menurunnya nafsu makan diakibatkan oleh terinfeksinya organ percernaan pada anak. Terinfeksinya organ pencernaan akan membuat peradangan pada usus, sehingga menyebabkan rasa pahit dilidah, rasa tidak nyaman di perut, dan rasa ingin mual.

Nafsu Makan Berkurang jika Mengalami Tipes

4. Tepi lidah berubah menjadi warna putih

Gejala tipes yang selanjutnya adalah memutihnya tepi lidah pada anak. Perbedaan yang mencolok pada bagian lidah bisa dilihat ketika pinggiran lidah berwarna merah dan tengahnya berwarna putih. Gejala ini timbul karena ada proses inflamasi. Maka dari itu, anda sebagai orang tua harus selalu memperhatikan setiap perubahan pada anak. Apabila sudah muncul gejala seperti ini, anda harus segera membawa anak ke dokter untuk diperiksa agar tidak bertambah parah.

5. Tubuh mengalami nyeri

Gejala tipes yang terakhir adalah rasa nyeri pada tubuh yang membuat anak malas bergerak. Anak yang mengidap penyakit tipes akan merasakan nyeri otot di seluruh tubuh bahkan sampai tidak bisa digerakkan. Gejala ini harus diwaspadai oleh orang tua ketika anaknya malas bergerak dan memilih untuk berbaring.

Penanganan Penyakit Tipes

Apabila gejala tipes pada anak sudah muncul maka para orang tua harus segera mengambil tindakan tepat dan cepat. Tindakan yang dilalui memiliki dua tahap. Berikut ini penjelasannya

  • Pemberian antibiotik

Jika anak mengalami tipes kemudian dilarikan ke rumah sakit maka dokter akan memberikan antibiotik dan akan dirawat inap. Antibiotik yang diberikan berbeda-beda jenisnya sesuai dengan kondisi anak tersebut. Rawat inap dilakukan jika anak sudah mengalami gejala-gejala berat seperti diare, perut bengkak, dan demam tinggi hingga mencapai 40 derajat celcius.

Antibiotik dapat Mengobati Tipes

  • Perawatan di Rumah

Ini merupakan tahap kedua setelah tahap pertama dilakukan. Bisa juga melakukan perawatan di rumah jika kondisi anak masih bisa dikontrol oleh orang tua. Perawatan ini bisa dilakukan dengan cara memberikan cairan air putih yang banyak kepada anak. Bisa juga memberikan jus buah kepada anak.

Gejala tipes pada anak perlu anda perhatikan, sehingga tidak terlambat dalam memberikan penanganan. Ulasan diatas dapat menjadi referensi anda sebagai orang tua untuk mengenali gejala tipes.

Sekian dulu postingan saya mengenai informasi kesehatan gejala tipes pada anak. Semoga referensi ini berguna untuk Anda semua dan keluarga Anda. Jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman atau saudara Anda agar mereka tahu gejala tipes pada anak. Akhir kata saya mengucapkan Terimakasih.
Baca Juga
SHARE
Josua Rifandy
Nama saya Josua Rifandy Siahaan, saya berasal dari Sumatera Utara, tepatnya di Toba Samosir

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar