sgUOEzvIgsbxenaKKZaRdjzIV8wzk768OwwPZ93N
Cara Menjaga Kesehatan Telinga Agar Terhindar dari Ketulian

Iklan Billboard 970x250

Cara Menjaga Kesehatan Telinga Agar Terhindar dari Ketulian

JOSUARIFANDY.COM - Cara menjaga kesehatan telinga apabila benar dan rutin dilakukan akan membuat telinga kita tetap bersih dan sehat. Telinga merupakan area yang sulit dibersihkan karena bertempat di dalam dan sensitif. Banyak orang yang bisa membersihkan telinganya sendiri, namun kotoran terkadang malah masuk ke dalam. Produksi alami dari kelenjar minyak dari liang telinga adalah kotoran telinga yang memiliki sifat yang lunak. Kotoran telinga juga memiliki kelebihan yaitu dapat menangkap debu yang masuk ke telinga sehingga dapat menghambat pertumbuhan kuman.

Cara Menjaga Kesehatan Telinga

Kotoran telinga dapat dirasakan manfaatnya apabila jumlah kotoran telinga tidak berlebihan. Kotoran telinga yang berlebihan justru akan menyumbat telinga sehingga dapat menyebabkan ganggun pada telinga. Anda harus sering membersihkan dan merawat telinga agar terhindar dari ketulian. Telinga merupakan indera penting yang dapat menangkap gelombang suara sehingga dapat mendengar berbagai macam suara. Oleh sebab itu, cara menjaga kesehatan telinga wajib diterapkan mulai sekarang.

Cara Menjaga Kesehatan Telinga yang Benar

Pentingnya telinga mengharuskan anda untuk tetap menjaga kesehatan dan merawatnya dengan benar. Adapun tips yang dapat anda lakukan. Diantaranya:

1. Periksakan ke THT

Jika telinga anda sudah terasa tidak nyaman atau kemasukan benda dari luar jangan sekali-sekali anda ambil sendiri atau obati sendiri. Pergilah ke THT agar anda dapat ditangani dengan benar.

2. Bersihkan Tempat Tidur yang Anda Gunakan

Membersihkan tempat tidur dapat menjadi salah satu yang dapat dilakukan untuk menjaga telinga anda. Hal ini bertujuan agat tidak ada debu atau kotoran yang menempel di area tempat tidur yang memungkinkan dapat masuk ke dalam telinga anda.

Dengan Kamar yang Bersih Mengurangi Debu yang Masuk ke Telinga

3. Mengunyah

Mengunyah dapat memantu mengeluarkan kotoran pada telinga. Jika anda mengunyah makanan dengan benar dan lembut dapat membantu mengurangi kotoran yang ada di telinga anda. Misalnya saat anda mengunyah permen karet.

4. Hindari Penggunaan Cotton Bud

Penggunaan cooton bud tidak dianjurkan pemakaiannya karena dapat berakibat buruk. Menggunakan cotton bud terkadang malah digunakan beberapa orang karena menurut mereka cotton bud dapat digunakan untuk membersihkan telinga bagian dalam.

Penggunaan cotton bud berakibat kotoran semakin terdorong kedalam sehingga anda sulit untuk membersihkannya. Kondisi seperti ini memungkinkan kotoran telinga mengendap di saluran telinga. Demi mendapatkan telinga yang sehat hindari penggunaan cotton bud yang dapat beresiko merusak saluran telinga dan gendang telinga.

5. Bersihkan Area Daun Telinga Saja

Setelah anda ketahui bahwa penggunaan cotton bud berbahaya, hendaklah anda bersihkan telinga di area daun telinga saja. Telinga mempunyai kemampuan membersihkan dirinya sendiri. Bulu-bulu halus yang terdapat di dalamnya dan bentuk telinga yang bersudut bisa menjaga kotoran dan debu yang berlebih.

6. Menjaga Telinga Tetap Kering

Terkadang menjaga telinga agar tetap kering tidak pernah anda perhatikan dengan serius. Telinga yang terlalu lembab dan basah mempermudah bakteri untuk masuk ke saluran telinga anda. Bagi anda yang hobi dengan berenang segeralah miringkan kepala anda jika telinga anda kemasukan air.

7. Jaga Telinga dari Paparan Suara Keras

Menghindari telinga dari suara yang keras adalah salah satu cara agar telinga anda tetap sehat dan baik. Mendengarkan suara dengan volume yang keras dapat merusak pendengaran telinga bahkan berakibat anda mengalami ketulian. Jika anda terpaksa berada didaerah yang bising gunakan pelindung telinga. Meski telinga berfungsi sebagai alat pendengaran namun, tidak semua suara dapat masuk dalam kategori aman untuk didengar.

Tutup Telinga jika ada Suara yang Keras

Agar kesehatan telinga terjaga dengan baik langkah yang harus dilakukan adalah meghindari penggunaan earphone lebih dari satu jam. Penggunaan earphone yang tidak terlalu lama dan mengatur volumenya yang tidak terlalu keras dapat dilakukan. Batasan penggunaanya tidak boleh melebihi volume 60% dan jangan gunakan lebih dari waktu 60 menit.

8. Menggunakan Ear Syringe

Ear Syaring merupakan alat yang berbentuk bulat yang digunakan untuk menyemprotkan air ke dalam telinga. Hal ini dapat digunakan pada orang yang mempunyi lubang pada gendang telinganya. Dapat kita ketahui jika membersihkan sumbatan di telinga tidak boleh sembarangan dan tentunya secara manual. Hal ini dapat anda lakukan di dokter yang khusus menangani tentang keluhan pada telinga (THT).

Makanan yang Membantu Cara Menjaga Kesehatan Telinga

Setelah anda megetahui beberapa cara menjaga agar telinga tetap sehat ada juga makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan telinga anda. Diantaranya:

Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung sumber lemak omega-3 dan vitamin D. Lemak omega-3 dapat memantu mencegah menurunnya pendengaran anda. Sedangkan Vitamin D bermanfaat untuk telinga, jika kekurangan vitamin D mengakibatkan oestopenia atau kondisi tulang-tulang telinga berpori dan mengeras yang berakibat hilangnya pendengaran.

Selain Enak, Ikan Salmon Sangan Baik untuk Kesehatan Telinga 

Dark Chocolate

Dark chocolate dapat membantu memperbaiki mood, sebagai sumber makanan yang kaya akan seng memperkuat kekebalan tubuh, pertumbuhan sel, membantu melawan infeksi telinga dan penyebaran infeksi pada telinga.

Pisang

Pisang memiliki kandungan magnesium yang dapat membantu melindungi telinga dari radikal bebas yang biasa disebabkan oleh paparan suara keras. Jika magnesium rendah menyebabkan pembuluh darah di telinga menyusut, membuat telinga mudah tuli, dan merampas oksigen.

Brokoli

Sayuran brokoli merupakan sayuran yang tidak mengandung lemak sehingga rendah kalori, sodium, tinggi akan serat, potasium, vitamin C, vitamin A, dan vitamin B6. Asupan yang terkandung dapat mencegah adanya kerusakan pada sel rambut telinga akibat radikal bebas.

Cara menjaga kesehatan telinga diperlukan bagi siapa saja. Oleh sebab itu, anda harus melakukan pemeriksaan telinga secara rutin ke dokter THT. Pemeriksaan juga bertujuan agar tidak ada kotoran yang menumpuk di dalam telinga.

Tak terasa artikel saya tentang menjaga kesehatan telinga sudah selesai. Semoga artikel ini dapat membantu teman-teman semua dalam menjaga kesehatan telinga. Jangan lupa untuk share ke teman-teman ya. Akhir kata saya ucapkan terimkasih dan jangan lupa untuk tetap mengunjungi blog pribadi saya ini.

Sumber Foto : 
  1. https://unsplash.com/
  2. https://pixabay.com/id/
Baca Juga
SHARE
Josua Rifandy
Nama saya Josua Rifandy Siahaan, saya berasal dari Sumatera Utara, tepatnya di Toba Samosir

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar