sgUOEzvIgsbxenaKKZaRdjzIV8wzk768OwwPZ93N
Cara Menjaga Kesehatan Kulit Menggunakan Bahan-Bahan Alami

Iklan Billboard 970x250

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Menggunakan Bahan-Bahan Alami

JOSUARIFANDY.COM - Perlu anda ketahui bahwa kulit akan mengalami fase regenerasi dalam kurun 27 hari. Kemudian jika siklusnya berakhir maka anda perlu membersihkan sel-sel kulit mati agar tidak menumpuk dan menyebabkan masalah. Mengapa bisa begitu? Karena sel kulit mati tersebut sudah bercampur dengan debu dan sisa kotoran yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan kusam. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan kulit termasuk hal yang penting.

Menjaga Kesehatan Kulit

Banyak hal yang harus dilakukan untuk merawat kulit agar tetap sehat contohnya dengan mendatangi spesialis kecantikan. Namun hal tersebut hanya dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai anggaran lebih. Lalu bagaimana cara merawat kulit dengan sederhana namun maksimal?

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Dengan Mudah

Berikut ini beberapa cara yang perlu anda lakukan untuk menjaga kesehatan kulit.

1. Utamakan minum air putih 2 liter dalam satu hari

Hal yang paling sederhana untuk merawat kulit agar terhindar dari berbagai masalah adalah dengan cara minum air putih. Mengapa harus minuma air dalam jumlah yang banyak? Anda perlu mengetahui bahwa kulit manusia terbuat dari sel-sel yang sangat membutuhkan air. Air dapat digunakan untuk menjaga kelembaban kulit, meningkatkan elastisitas kulit, mengurangi masalah kulit seperti psoriasis, mengurangi garis halus dan keriput. Lebih menariknya, salah satu khasiat air putih adalah menjadikan wajah terlihat lebih awet muda. Selain untuk kesehatan kulit, air juga dapat melancarkan sistem metablisme tubuh, membantu mengalirkan racun, dan meneperlancar sistem pencernaan tubuh.

Kemurnian Air Putih Sangan Baik untuk Kulit

2. Olahraga Rutin

Salah satu kunci kulit sehat adalah berolahraga secara rutin. Bagaimana bisa berolahraga dapat membuat kulit menjadi sehat? Menurut Ellen Marmur saat berolahraga maka sirkulasi darah akan mengalami peningkatan yang artinya darah akan mengalir lancar. Hal tersebut berakibat pada sel-sel kulit karena darah yang lancar akan membawa oksigen dan nutrisi. Selain itu, aliran darah yang lancar akan membuang racun dan limbah penyebab masalah kulit.

Bahan-Bahan Alami Untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Selain cara-cara diatas, anda juga perlu mengetahui berbagai bahan alami yang dapat digunakan untuk merawat kulit. Bahan-bahan alami ini tentunya dapat anda temukan dimanapun, bisa dibilang bahan-bahan berikut ini cukup praktis. Berikut macam-macam bahan alaminya.

1. Minyak Kelapa

Cara yang pertama merupakan cara tradisional yang dapat anda lakukan dengan mudah. Caranya adalah menggunakan minyak kelapa. Seperti yang diketahui bahwa minyak kelapa merupakan bahan tradisonal yang dapat digunakan untuk perawatan kulit. Banyak manfaat yang terkandung dalam minyak kelapa salah satunya adalah membantu mengangkat sel kulit mati, mengandung antibakteri, anti jamur, anti virus, mengandung sifat antioksidan, dan menguatkan jaringan epidermis kulit. Selain itu minyak kelapa dapat digunakan sebagai pelembab kulit sekaligus melindungi kulit dari berbagai penyakit kronis misalnya dermatitis atopik.

2 Alpukat

Bahan yang dapat anda gunakan untuk perawatan kulit selain minyak kelapa adalah buah alpukat. Buah alpukat juga tidak kalah banyak manfaatnya dibandingkan minyak kelapa. Salah satu manfaatnya adalah dapat digunakan untuk masker kulit. Masker yang terbuat dari buah alpukat mengandung nutrisi dan hidrasi yang dapat menjadikan kulit lebih halus, bercahaya, dan pastinya lebih kenyal. Alpukat baik digunakan karena memiliki kandungan vitamin A, vitamin D, dan Vitamin E, selain itu buah alpukat juga kaya akan asam lemak dan omega 3.

Alpukat Memiliki Banyak Vitamin yang Baik Untuk Kulit

3. Air Lemon

Bahan yang satu ini juga tidak kalah penting untuk perawatan kulit yaitu air lemon. Air lemon dapat digunakan untuk mencerahkan kulit wajah secara alami. Apabila anda memiliki noda hitam pada wajah dan sangat susah untuk dihilangkan , air lemon merupakan bahan alami yang dapat mengurangi noda hitam pada wajah. Selain noda hitam, air lemon dapat digunakan untuk menghilangkan kusam pada wajah. Jika anda merasa bahwa air lemon terlalu keras, maka anda bisa mencampur air lemon dengan air biasa kemuadian aplikasikan pada wajah anda. Ada hal yang perlu diperhatikan bahwa penggunaan air lemon tidak dianjurkan untuk kulit wajah yang sensitif. Untuk itu cara pengaplikasiannya hanya digunakan pada noda hitam atau bekas luka pada wajah.

4. Minyak Jojoba

Bahan alami ini sering digunakan pada produk lotion terkenal di Indonesia. Minyak jojoba memang dipercaya mengandung zat yang dapat digunakan untuk merawat kulit. Apabila anda memiliki minyak jojoba di rumah, anda bisa memanfaatkan kandungannya seperti melembabkan kulit, menyembuhkan luka biasa bahkan luka bakar, menyamarkan bekas luka pada kulit, mengatasi psoriasis, dan dermatitis. Hebatnya lagi minyak jojoba dapat digunakan untuk mengatasi keriput dan jerawat.

5. Minyak Almond

Minyak almond dapat anda gunakan untuk mengatasi kulit kering, mengatasi jerawat, dan bisa juga mengatasi ruam. Cara menggunakan minyak almond sebenarnya sangat mudah karena penggunaannya tidak memerlukan jasa ahli. Anda bisa menggunakannya sebagai masker ketika anda memiliki waktu luang.

6. Lidah Buaya

Tanaman ini pasti sudah tidak asing lagi ditelinga anda, tanaman lidah buaya atau yang dikenal dengan aloe vera ini mempunyai banyak sekali khasiat terutama untuk kecantikan. Banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan ketika menggunakan lidah buaya karena lidah buaya mengandung anti bakteri dan memiliki sifat anti peradangan. Salah satu manfaat lidah buaya adalah membantu mengatasi berbagai penyakit kulit seperti gatal-gatal dan ruam. Walaupun tergolong bahan tradisional dalam hal perawatan kulit namun banyak manfaat yang terkandung di dalamnya. Terkadang ada orang yang menggunakan lidah buaya untuk mengatasi infeksi dan menghilangkan luka bakar.

Lidah Buaya Merupakan Obat Manjur untuk Kulit

8. Bengkoang

Anda pasti sudah mengenal bengkoang sejak dulu begitupula dengan khasiatnya. Bengkoang terkenal karena banyak lotion yang menggunakannya sebagai bahan utama. Biasanya bengkoang diolah kemudian diambil sarinya. Sari itulah yang nantinya digunakan sebagai bahan perawatan kulit.

Itulah beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti yang telah dijelaskan diatas sebagai bahan untuk merawat kulit.

Sekian dulu postingan saya mengenai cara menjaga kesehatan kulit. Semoga dengan artikel ini bisa menjadi referensi buat Anda untuk mendapatkan kulit yang sehat. Jangan lupa untuk share tips ini ke teman atau saudara Anda. Akhir kata saya ucapkan terimakasih.

Baca Juga
SHARE
Josua Rifandy
Nama saya Josua Rifandy Siahaan, saya berasal dari Sumatera Utara, tepatnya di Toba Samosir

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar