sgUOEzvIgsbxenaKKZaRdjzIV8wzk768OwwPZ93N
Cara Menjaga Kesehatan Kuku Agar Terlihat Bersih dan Mengkilap

Iklan Billboard 970x250

Cara Menjaga Kesehatan Kuku Agar Terlihat Bersih dan Mengkilap

Selamat pagi, Jumpa lagi dengan saya di blog pribadi saya. Kali ini saya akan membagikan tips untuk merawat kuku Anda. Bagi wanita kuku merupakan sesuatu hal yang penting sehingga banyak wanita yang rajin merawat kuku. Namun pada pria kuku merupakan hal yang sepele. Tetapi sebenarnya kuku sangat perlu untuk dirawat. Nah tunggu apalagi langsung saja disimak ya.

Cara Menjaga Kesehatan Kuku

Siapa yang tidak mengenal bagian tubuh yang berada diujung jari kaki dan tangan, bagian tersebut adalah kuku. Kuku merupakan bagian dari tulang yang mempunyai tekstur keras. Kuku berfungsi sebagai penguat indra peraba yang ada pada kulit. Fungsi lain dari kuku adalah melindungi ujung jari yang bertekstur lembut dan memilki banyak saraf. Perlindungan ini ditujukan agar ujung jari tidak rusak ketika terbentur benda keras. Perlu diketahui bahwa pada bagian ujung kuku terdapat kulit ari yang mempunyai fungsi sebagai pelindung kotoran. Untuk itu kuku harus dirawat agar tidak cepat rusak dan terkena penyakit. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika merawat kuku mulai dari cara menjaga kesehatan kuku, gejala yang muncul ketika kuku terkena penyakit, dan macam-macam penyakit yang menyerang kuku.

Anda dapat mengecek kuku jari tangan atau kaki setiap hari dan mulai menganalisis mengenai kondisi kuku. Apakah kuku anda terlihat sehat? Atau kuku anda terlihat berubah warna? Kuku yang sehat memiliki ciri-ciri permukaan yang halus tanpa ada sedikitpun lubang. Terkadang ada beberapa masalah yang terjadi pada kuku misalnya kuku berubah warna, kuku mengalami penebalan atau penipisan, kuku berubah bentuk menjadi melengkung, atau bisa juga kuku mengalami pemisahan dengan kulit yang ada disekitarnya dan yang lebih parah adalah terjadi pendarahan di kuku karena terbentur benda keras.

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Kuku

Meskipun terlihat sepele namun kuku juga perlu dirawat. Perawatannya pun harus dilakukan dengan baik. Perawatan yang baik pasti membuat kuku terlihat bersih dan sehat. Kuku bersih akan membuat orang yang melihat menjadi nyaman. Berikut ini beberapa cara untuk merawat kuku dengan baik.

1. Potong kuku secara rutin

Kuku mudah sekali tumbuh setelah dipotong, biasanya dalam kurun waktu 4 hari saja kuku sudah mulai tumbuh. Kuku yang tumbuh panjang bisa jadi menjadi sarang kuman karena banyak kotoran yang masuk kedalam kuku. Memotong kuku secara teratur akan mengurangi kotoran yang menempel. Pada saat memotong kuku gunakanlah gunting kuku yang lebih tajam. Waktu yang baik untuk memotong kuku yaitu setelah mandi karena pada saat itu tekstur kuku menjadi lunak.

2. Jangan menggigit kuku

Hal kedua yang harus anda lakukan adalah jangan menggigit jari kuku tangan maupun kaki. Kuku yang di gigit dapat menyebabkan infeksi dan sarang kuman karena air liur saat anda menggigit masih tertinggal. Menggigit kuku merupakan kebiasaan yang tidak baik dan hal yang tidak patut dilakukan.

3. Gunakan pelembab kuku

Cara menjaga kesehatan kuku yang selanjutnya adalah menggunakan pelembab untuk kuku atau lotion kuku. Gunakan lotion atau krim kuku setelah mandi, hal ini dilakukan untuk menjaga kuku tetap lembut. Anda juga bisa menggunakan tea tree oil dan minyak zaitun karena kedua minyak ini sangat membantu untuk menjaga kelembutan kuku jari tangan maupun kaki. Penggunaan tea tree oil bertujuan untuk menghindari dari jamur dan bakteri karena minyak ini memiliki kandungan antiseptik dan antibakteri. Sedangkan minyak zaitun bermanfaat untuk membuat kuku menjadi mengkilap. Minyak zaitun juga mempunyai kandungan antiseptik dan anti bakteri yang berguna untuk merawat dari bakteri dan kuman.

Menggunakan Pelapis dan Pelembab Kuku dapat Menjaga Kesehatan Kuku

4. Gunakan pelapis kuku

Pelapis kuku digunakan untuk menjaga kuku agar lebih kuat. Menggunakan pelapis kuku juga dapat membantu agar kuku tidak mudah tergores.

Cara Menjaga Kesehatan kuku dengan Manicure dan Pedicure

Menjaga Kesehatan Kuku dengan Manicure dan Pedicure

Biasanya manicure dan pedicure dilakukan oleh wanita agar kuku jari tangan dan kaki terlihat bersih dan mengkilap. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan manicure dan pedicure.

  1. Melakukan pedicure dan manicure di tempat yang berlisensi dan legal. Pastikan karyawan yang menangani pedicure dan manicure benar-benar kompeten dan sudah ahli dibidangnya.
  2. Hal yang tidak kalah penting adalah memastikan peralatan yang digunakan benar-benar bersih dan steril.

Apa yang Menyebabkan Kuku Menjadi Rusak?

Kuku perlu dirawat agar tidak mudah mengalami kerusakan. Kerusakan pada kuku pasti ada penyebabnya. Mulai dari cara merawat kuku yang salah, berikut ini beberapa perlakukan yang dapat merusak kuku.

  1. Menggigit kuku atau kultikula dengan gigi. Aktivitas ini dapat merusak kuku karena dapat menyebabkan luka pada sekitar kuku dan air liur yang tertinggal bisa mengakibatkan infeksi.
  2. Mengabaikan masalah yang terjadi pada kuku, misalnya kuku yang berubah warna menjadi kuning, kuku yang mengalami penebalan dan lama kelamaan menjadi keras.
  3. Menggunakan produk perawatan kuku yang mempunyai kandungan bahan kimia seperti penghapus cat kuku. Kurangi penggunaan aseton saat menghapus cat kuku. Gunakan formula penghapus cat kuku yang bebas aseton.

Macam-macam penyakit yang menyerang kuku

1. Kuku berwarna kuning

Gejala pada penyakit ini adalah kuku berubah warna menjadi pucat dan putih. Bahaya dari perubahan warna kuku adalah lepasnya kuku dari jarinya. Kondisi ini disebabkan oleh adanya limpedema (pembengkakan pembuluh darah pada tangan), gangguan pernafasan atau asma, dan sinusitis.

2. Clubbing atau jari tabuh

Gejala yang terjadi pada kondisi jari tabuh adalah kuku jari menjadi bulat disertai dengan perubahan tekstur yang lebih keras. Penyebanya adalah rendahnya kadar oksigen yang ada di dalam darah. Bisa juga disebabkan oleh gangguan kardiovaskular, gangguan hati, dan peradangan organ usu.

3. Leukonika

Kondisi leukonika ditandai dengan adanya bintik-bintik pada permukaan kuku. Bintik-bintik ini muncul karena tubuh atau kuku mengalami benturan yang keras. Anda tidak perlu khawatir karena
kondisi ini tidak berbahaya bagi tubuh.

5. Onychocryptosis

Onychocryptosis mungkin terdengar asing namun sebenarnay kondisi ini adalah ketika kuku jari tumbuh ke dalam. Kondisi ini terjadi karena terlalu sering memotong kuku dengan cara yang salah hingga menyebabkan kuku tidak dapat tumbuh ke luar.

Apabila anda menginginkan kuku yang cantik dan sehat, anda bisa mengikuti cara menjaga kesehatan kuku seperti penjelasan diatas. Kuku terkadang disepelekan namun kuku juga perlu dirawat agar tidak mengalami kerusakan bahkan terkena penyakit.

Nah tak terasa postingan saya mengenai cara menjaga kesehatan kuku telah selesai. Terimakasih sudah mampir di blog pribadi saya ini. Jangan lupa untuk share ke teman dan saudara Anda ya.

Sumber Foto : https://unsplash.com/

Baca Juga
SHARE
Josua Rifandy
Nama saya Josua Rifandy Siahaan, saya berasal dari Sumatera Utara, tepatnya di Toba Samosir

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar