sgUOEzvIgsbxenaKKZaRdjzIV8wzk768OwwPZ93N
Beberapa Tips Gaya Hidup Sehat Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Iklan Billboard 970x250

Beberapa Tips Gaya Hidup Sehat Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

JOSUARIFANDY.COM - Hidup sehat merupakan salah satu hal yang paling penting dalam kehidupan. Tapi terkadang kita lupa untuk menjaga kesehatan kita. Banyak orang menganggap kesehatan itu penting setelah mengalami sakit yang cukup parah. 


Jantung merupakan salah satu organ penting yang berada di dalam tubuh. Manusia hidup ditandai dengan adanya detak jantung. Jantung yang sehat akan bekerja sesuai dengan fungsinya yaitu memompa darah ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, perlunya menjaga kesehatan jantung sejak dini.

Berbagai macam penyakit dapat menyerang jantung. Penyakit jantung disebut juga penyakit kardiovaskular. Penyakit yang menyerang jantung dapat mengakibatkan jantung beresiko.

Berbagai Kebiasaan Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Berikut ini beberapa gaya hidup yang dapat memelihara kesehatan jantung.

1. Melakukan aktivitas rutin yang bermanfaat (olahraga)

Salah satu aktivitas yang bermanfaat adalah olahraga. Anda dapat melakukan olahraga selama 25-30 menit dalam sehari. Manfaat olahraga adalah menjaga kebugaran tubuh dan melancarkan sirkulasi darah. Banyak olahraga yang bisa dilakukan secara sederhana yaitu berenang, jalan kaki, lompat tali, yoga dan jogging. Beberapa olahraga itu dapat dilakukan di rumah.

Apabila belum terbiasa olahraga, bisa cek terlebih dahulu ke dokter untuk menanyakan batasan kegiatan yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan.



2. Minum air putih yang banyak

Kebiasaan baik yang kedua adalah minum air putih yang banyak. Anjuran kesehatan menyebutkan bahwa takaran minum air putih dalam sehari adalah 8 gelas. Apabila anda rajin minum air putih maka akan semakin baik untuk kesehatan tubuh terutama jantung. Namun anda juga perlu mengimbangi dengan cairan lainnya misalnya susu.

3. Hentikan aktivitas merokok mulai sekarang

Apabila anda seorang perokok, maka anda sangat rawan terkena penyakit jantung terutama jantung koroner. Bukan hanya perokok saja yang rawan terserang penyakit namun orang yang tidak sengaja menghisap juga akan terkena penyakit. Zat yang terdapat dalam rokok merupakan zat beracun. Zat beracun tersebut dapat merusak pembuluh darah. Sehingga akan mengganggu kesehatan jantung.

4. Konsumsi Ikan

Makanan yang mengandung asam lemak dan omega 3 dapat membantu resiko penyakit jantung. Salah satu makanan yang mengandung zat diatas adalah ikan, karena ikan sangat kaya akan omega 3. Mengonsumsi ikan selama dua kali seminggu dapat membantu mengurangi resiko serangan jantung.

5. Mengonsumsi sayuran yang banyak serat

Salah satu cara untuk mengurangi kolesterol dan mencegah penyakit jantung adalah mengonsumsi sayur-sayuran yang kaya akan serat. Anda bisa mengonsumsi kacang-kacangan dan gandum. Beberapa buah yang kaya akan serat adalah alpukat, pir, pisang, dan apel. Kemudian kelompok sayuran yang memilki kadar serat tinggi adalah kacang utuh, kacang kedelai, dan gandum utuh.


6. Pahami gejala-gejala yang muncul

Gaya hidup yang nomor enam adalah mewaspadai timbulnya gejala penyakit jantung, karena penyakit jantung bisa menyerang siapa saja tidak kenal usia. Meskipun anda tidak merokok sekalipun namun bisa berpotensi terkena penyakit jantung. Anda bisa menuliskan gejala apa yang sering dialami kemudian konsultasikan kepada dokter.

7. Rajin Cek Tekanan Darah

Tekanan darah yang normal ditunjukkan dengan angka di bawah 120/80. Rajin mengecek tekanan darah dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Apabila semakin tinggi angka yang menunjukkan tekanan darah anda, maka semakin tinggi pula resiko serangan jantung yang akan anda alami.


8. Mampu mengelola rasa stres

Rasa stres merupakan hal yang biasa saat mengalami banyak tekanan. Namun yang menjadi masalah bukanlah rasa stres nya melainkan bagaimana tindakan anda untuk merespon rasa stres tersebut. Ketika anda tidak mampu mengendalikan rasa stres, anda bisa mengalami tekanan darah tinggi yang beresiko pada kesehatan jantung. Stres akut dapat menjadikan kesehatan jantung semakin buruk. Anda harus mampu mengelola rasa stres agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

9. Mengatur pola tidur yang baik

Cara menjaga kesehatan jantung yang kedelapan adalah mengatur pola tidur agar tubuh dapat berfungsi dengan baik. Apabila tubuh bekerja dengan baik maka jantung juga akan bekerja dengan baik pula untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Dapatkan tidur yang benar-benar nyaman dan berkualitas.

10. Menjaga kadar gula

Kadar gula yang sangat tinggi juga dapat anda terserang penyakit jantung. Karena kadar gula yang tinggi dapat merusak pembuluh darah dan saraf. Upaya untuk mengurangi kadar gula darah adalah mengganti konsumsi nasi putih menggunakan nasi merah.

Beberapa Penyakit Jantung

Apabila anda tidak menerapkan gaya hidup sehat diatas maka anda akan rawan terserang penyakit jantung. Berikut ini beberapa penyakit jantung secara umum.

1. Jantung koroner

Penyakit jantung koroner bisa dikenal juga dengan penyakit arteri koroner. Penyakit jantung koroner merupakan kondisi dimana pembuluh darah utama manusia yang terletak di jantung rusak. Kemudian penyebab utama kondisi ini adalah penumpukann plak atau kolesterol. Jantung koroner tidak mempunyai gejala aal yang bersifat khusus, namun ketika sudah akut maka akan menimbulkan rasa nyeri yang amat sakit.

2. Gagal jantung

Penyakit selanjutnya adalah gagal jantung. Penyakit ini bisa dikatakan merupakan kondisi dimana jantung tidak dapat memompa darah. Gagal jantung biasanya disebabkan oleh penyakit lain seperti tekanan darah tinggi atau hipertensi, diabetes, depresi, dan gangguan tidur. Gejala gagal jantung yang kemungkinan muncul adalah kelelahan, jantung berdenyut cepat, sesak napas, dan pembengkakan pada kaki.

3. Jantung mendadak berhenti

Keadaan ini bisa dibilanng hilangnya fungsi jantung, kesadaran bahkan berhentinya napas orang secara mendadak. Penyakit ini berbeda dengan serangan jantung karena jantung yang berhenti mendadak membuat si penderita tidak sadarkan diri.

4. Irama jantung terganggu

Kondisi irama jantung yang mengalami gangguan adalah detak jantung yang tidak normal.Gangguan irama jantung disebabkan oleh banyaknya pengaruh alkohol, obat-obatan, gangguan kelenjar tiroid, hipertensi, dan diabetes.

Itulah beberapa tips gaya hidup sehat untuk menjaga kesehatan jantung disertai dengan beberapa contoh penyakit jantung. Jagalah kesehatan jantung agar terhindar dari segala penyakit kronis.

Tak terasa postingan saya pagi ini sudah selesai. Sebelumnya saya berterima kasih karna Anda semua mau membaca postingan ini. Jangan lupa untuk tetap mengunjungi personal blog saya ini. Akhir kata saya ucapkan terimakasih dan salam sehat.

Sumber Foto : https://unsplash.com



Baca Juga
SHARE
Josua Rifandy
Nama saya Josua Rifandy Siahaan, saya berasal dari Sumatera Utara, tepatnya di Toba Samosir

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar