sgUOEzvIgsbxenaKKZaRdjzIV8wzk768OwwPZ93N
10 Tips untuk Mewujudkan Rumah Sehat

Iklan Billboard 970x250

10 Tips untuk Mewujudkan Rumah Sehat

JOSUARIFANDY.COM - Rumah Sehat adalah impian bagi semua orang. Berbagai macam cara dilakukan untuk mewujudkan rumah yang sehat dan juga nyaman. Rumah yang sehat juga dapat mempengaruhi penghuninya untuk selalu hidup sehat. Hidup sehat bukan hanya soal pola makan dan rajin olahraga, tetapi rumah juga perlu di-treatment agar mencerminkan pola hidup sehat.

Rumah yang sehat harus terhindar dari segala ancaman penyakit dan juga harus membuat penghuninya nyaman dan betah di rumah. Rumah yang sehat sangat diperlukan terutama di daerah metropolitan seperti Jakarta dengan kelembaban tinggi dan cuaca panas tak menentu. Hidup di daerah tropis memang perlu beberapa kiat untuk mewujudkan rumah sehat berkualitas. Berikut ini tips untuk mewujudkannya.

Mewujudkan Rumah Impian yang Sehat

Mewujudkan Impian Rumah Sehat 


Rumah yang sehat dapat diwujudkan dengan mengoptimalkan unsur atau faktor lingkungan yang ada di sekitar. Misalnya pemanfaatan cahaya alami dan lainnya. Dengan memperhatikan elemen-elemen rumah dengan baik, maka akan tercipta rumah yang sehat dan nyaman untuk ditinggali. Selain itu, beberapa tips di bawah ini akan membantu mewujudkan rumah sehat, antara lain:

1. Pastikan Mendapat Pencahayaan yang Cukup

Cahaya merupakan faktor utama dalam sebuah hunian, karena hampir semua kegiatan dapat dilakukan dengan adanya cahaya. Rumah tinggal pasti menggunakan lampu sebagai pencahayaan utama pada ruangan, tetapi cahaya lampu yang berlebihan juga tidak baik.

Sebagai makhluk hidup, manusia juga memerlukan cahaya matahari karena mengandung vitamin-vitamin yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, cahaya matahari juga bisa dimanfaatkan sebagai cahaya alami pada rumah. Rumah yang sehat perlu mengoptimalkan masuknya cahaya ke dalam ruangan di dalam rumah. Buatlah jendela yang besar sehingga cahaya yang masuk juga banyak. Hal ini juga salah satu bentuk penghematan listrik.

Pencahaan yang Baik Membuat Rumah menjadi Nyaman

2. Sirkulasi Udara yang Nyaman

Dengan membuat banyak bukaan atau jendela, selain mengoptimalkan pencahayaan juga memberikan sirkulasi udara pada ruangan. Sirkulasi udara dalam rumah sangat dibutuhkan untuk menciptakan rumah sehat yaitu rumah yang tidak pengap dan lembap.

Selain itu, sirkulasi udara yang baik juga dapat dioptimalkan dengan ventilasi di berbagai sudut ruangan. Tips untuk memperlancar arus sirkulasi ruangan, gunakan ventilasi yang bersekat-sekat.

3. Pilihlah Material yang Mudah Dibersihkan

Kebersihan adalah bagian dari cara hidup sehat, dan rumah yang bersih bisa digunakan sebagai tolak ukur sebagai rumah sehat. Untuk itu, penghuni rumah harus sering-sering membersihkan rumah dan menjaganya agar tetap bersih.

Namun, tidak semua bahan atau material di rumah bisa dibersihkan dengan mudah. Beberapa material perlu effort untuk membersihkannya, misalnya karpet yang mudah menyimpan debu, lantai kayu atau parket. Untuk itu, sebaiknya pilihlah material yang mudah dibersihkan.

4. Hindari Material Mengandung Zat Berbahaya

Berhati-hatilah saat membangun rumah, karena ternyata banyak material bangunan yang mengandung zat berbahaya. Sebaiknya carilah info sebanyak mungkin untuk menghindari penggunaan material berbahaya. Salah satu contohnya yaitu cat dinding, pastikan menggunakan cat dinding yang ramah lingkungan dan tidak mengandung zat berbahaya.

Selain itu, bahan atau material seperti asbes dan PVC juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Bahan bangunan yang mengandung PVC dapat memicu berbagai macam penyakit bahkan kanker. Oleh karena itu, perhatikan baik-baik dan bila perlu konsultasi dengan ahli bangunan yang ahli mengenai hal ini.

5. Buatlah Taman di Luar dan Dalam Rumah

Lingkungan hijau sangat berpotensi untuk efek menenangkan, sama halnya dengan taman atau kebun yang dikelilingi oleh tanaman hijau. Untuk menciptakan rumah sehat, buatlah taman di luar dan dalam ruangan.

Taman Membuat Hati Menjadi Tenang

Taman diluar ruangan bisa difungsikan sebagai taman tanaman toga sehingga bahan dapur bisa dipetik sendiri dan bebas dari pestisida. Sedangkan taman di dalam rumah bisa dibuat taman hidup atau pun taman sintetik. Taman interior fungsinya lebih kepada memberikan nuansa hijau dan sentuhan kesegaran di tengah ruangan. Paling tidak, letakkan tanaman hias di beberapa ruangan, itu sudah cukup membantu.

6. Jangan Biarkan Hama Betah

Hama bukan hanya tinggal di area sawah atau kebun, di rumah pun juga bisa ditinggali hama dan berbahaya bagi kesehatan. Rumah sehat tentu terhindar dari hama seperti jamur maupun serangga. Beberapa orang mungkin menyediakan racun serangga atau pestisida untuk mengusirnya. Tetapi hal ini juga berbahaya bagi kesehatan penghuninya karena akan meninggalkan jejak kimia di dalam rumah.

Jadi, daripada menggunakan bahan racun atau pestisida, lebih baik cegahlah hama tersebut masuk ke dalam lingkungan rumah. Rutinlah membersihkan rumah dan area yang sulit dibersihkan seperti karpet dan sofa, gunakan cat anti jamur dan anti rayap pada material kayu, dan pastikan bukaan/jendela berfungsi dengan baik agar sirkulasi lancar dan rumah tidak lembap.

7. Ciptakan Dapur yang Sehat

Untuk menciptakan pola hidup sehat maka pola makanan juga harus sehat, dan hal itu dapat didukung dengan dapur yang sehat. Selain itu, tata desain dapur juga sangat mempengaruhi mood memasak.

Untuk itu, gunakanlah material yang mudah dibersihkan pada meja potong, pastikan bahan atau bumbu masuk ke tempatnya masing-masing sehingga tidak berceceran, buanglah bahan yang sudah rusak atau busuk, dan lain sebagainya.

Dapur Yang Sehat, Makanan Sehat, Hidup Sehat

8. Sistem Air Bersih yang Sehat

Air merupakan sumber kebutuhan utama bagi kehidupan, terutama di dalam rumah tangga. Air kran di rumah biasanya mengandung klorin, yang sebenarnya dapat membantu membunuh kuman. Namun, konsumsi klorin yang berlebihan dapat memicu sel kanker. Sehingga, perlu membatasi masuknya zat klorin ke dalam tubuh dengan menggunakan penyaringan air bersih yang sehat.

9. Sediakan Area Olahraga atau Kebugaran

Untuk menciptakan rumah sehat, maka perlu ruangan yang menunjang pola hidup sehat seperti olahraga dan kebugaran. Olahraga perlu dilakukan paling tidak 2 kali selama satu minggu agar terjaga kebugaran diri sehingga terlihat lebih segar dan sehat.

Tidak perlu buat ruangan khusus untuk olahraga, karena olahraga bisa dilakukan di beberapa ruangan yang open space dan memanfaatkan sudut kosong. Selain itu, pastikan ruangan tersebut memiliki pencahayaan yang cukup karena olahraga di teman sentuhan lembut cahaya matahari akan menyenangkan.

10. Pengaturan Limbah yang Baik

Di dalam rumah tangga pasti ada sampah dan limbah. Jika tidak diatur dengan baik makan bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, penting sekali mengelola sampah dengan baik dan membuat pembuangan limbah (septic tanks) yang sesuai standar rumah sehat. Sehingga tidak akan mencemari air, tanah dan lingkungan sekitar. Gunakan tempat sampah yang terpilah dan selalu tutup untuk menghindari penyebaran penyakit.

Nah, itulah dia 10 tips untuk mewujudkan rumah sehat yang didambakan oleh semua orang. Rumah yang sehat perlu dirawat dan dijaga dengan baik dan memenuhi 10 point di atas. Selanjutnya, silahkan dipetik manfaatnya dan mulailah renovasi kecil-kecilan untuk mewujudkan rumah yang sehat.

Tak terasa postingan saya mengenai rumah sehat sudah selesai. Intinya rumah yang sehat tergantung dari Anda. Jika Rumah sudah sehat saya yakin keluarga pasti akan betah untuk tinggal di rumah tersebut. Jangan lupa untuk share postingan ini ke teman-teman dan saudara Anda. Akhir kata saya ucapkan terimakasih.

Sumber Foto : https://unsplash.com/
Baca Juga
SHARE
Josua Rifandy
Nama saya Josua Rifandy Siahaan, saya berasal dari Sumatera Utara, tepatnya di Toba Samosir

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar