sgUOEzvIgsbxenaKKZaRdjzIV8wzk768OwwPZ93N
Yuk Berpikir Positif Setiap Hari

Iklan Billboard 970x250

Yuk Berpikir Positif Setiap Hari



JOSUARIFANDY.COM  - Tahukah anda apa yang membuat anda bahagia? salah satu hal yang membuat anda bahagia adalah Keadaan Anda. Saya akan bahagia jika saya memiliki uang, saya akan bahagia jika saya dikelilingi oleh orang yang membuat saya senang, saya akan bahagia jika saya mendapatkan pasangan yang sempurna, saya akan bahagia jika saya diberi hadiah dan masih banyak lagi. Hal tersebut merupakan salah satu faktor yang membuat kita bahagia.

Namun ada faktor yang lebih penting yang dapat membuat anda bahagia, apa itu? Yaitu "Pikiran Anda". Keadaan merupakan suatu hal yang tidak bisa kita atur agar dapat terjadi, kadang keadaan malah membuat kita menjadi sedih. Namun cara berpikir anda,hanya anda yang dapat mengatur hal tersebut. 

Apakah berpikir positif itu penting? Apakah dengan saya memikirkan hal yang baik dapat merubah keadaan yang sudah terjadi? Apakah dengan memikirkan hal yang baik saya akan menjadi seperti hal baik tersebut?
Source : https://unsplash.com/

Ahhh, untuk apa saya berpura-pura optimis padahal saya tidak bisa menghadapi masalah saya, terus kalo saya berpikiran positif itu akan mengubah sesuatu yang udah terjadi, saya lebih suka dengan realitas daripada bermimpi.

Itu adalah tanggapan dari beberapa orang mengenai berpikir positif. Mungkin tanggapan tersebut ada benarnya dan dapat kita terima, namun coba kita lihat contoh di bawah ini jika kita menghadapi sesuatu dengan berpikir positif.

 Source : https://publicdomainvectors.org




Anto : "Pekerjaan sudah saya lakukan dengan benar namun atasan saya menganggap pekerjaan yang saya buat salah! Memang semua percuma saja. Untuk apa saya bekerja keras dan serius jika pada akhirnya atasan saya tidak menerimanya" .






Source : https://publicdomainvectors.org



Yanti : " Atasan saya tadi memberikan masukan atas pekerjaan saya, saya memang mengakui kesalahan tersebut, Sekarang saya menjadi mengerti dan kedepannya saya tidak akan melakukan kesalahan yang sama".







Jika Anda diibaratkan menjadi atasan dan bertemu dengan kedua orang tersebut karyawan mana yang akan anda pertahankan di pekerjaan anda? Saya yakin sebagian besar akan memilih karyawan yang kedua yaitu Yanti. Bukan karena penampilan ataupun keadaan dari Yanti yang membuat dia bertahan, namun cara berpikirnya. Anggapan Anto ketika atasan menegur atau memperbaiki kinerjanya yaitu bahwa atasan tersebut mencari-cari kesalahannya atau malah tidak suka dengan dia tentu hal tersebut adalah negatif thinking, sedangkan Yanti menganggap teguran dari atasannya adalah sebuah pembelajaran agar dia bekerja semakin baik lagi dan tentu hal tersebut adalah Positif thinking. Apakah Anda mau seperti Yanti atau cara berpikir Anda sekarang seperti Anto?

Contoh diatas merupakan salah satu contoh dari berpikir positif. Walaupun hal tersebut tidak dapat merubah hal yang sudah terjadi namun untuk kedepannya pasti ada hal yang baik akibat cara berpikir anda tersebut.

Nah gimana sih cara kita agar selalu berpikir positif? Menurut saya hal tersebut perlu dilatih. Terlebih lagi bagi kita yang awalnya sangat sering negatif Thinking, yang selalu berpikir jauh namun kenyataannya hal yang terjadi tidak seburuk itu. Berikut saya rangkum beberapa cara berpikir positif yang saya dapat dari beberapa sumber termasuk dari pengalaman yang saya lakukan.

1. Selalu Bersyukur

Bersyukur merupakan cara termudah untuk berpikir positif. Seseorang bisa tetap bahagia walaupun dia  hidup sederhana, tidak banyak harta dan segalanya. Sebaliknya, seseorang yang memiliki harta malah merasa tidak bahagia. Mengapa terjadi demikian? Hal tersebut akibat dari kurang bersyukur.  

Buat Anda yang sering lupa untuk bersyukur coba Anda menuliskan apa saja yang Anda syukuri setiap hari setelah Anda bangun tidur. Contohnya Saya bersyukur dengan pekerjaan saya saat ini dan saya akan tetap semangat dengan apa yang saya kerjaakan, Saya bersyukur dengan keluarga saya sekarang, dan saya akan selalu menjaga mereka, saya bersyukur dengan wajah yang saya miliki sekarang, namun saya akan merawatnya agar lebih baik lagi dan masih banyak lagi.

Source : https://unsplash.com/

Dengan demikian hal tersebut akan mendorong Anda untuk selalu berpikir positif dan menghilangkan pikiran negatif ketika anda kekurangan sesuatu. Ahh, andai saja saya memiliki banyak uang pasti saya akan tidak seperti ini, Andai saja saya hidup di keluarga yang kaya raya pasti saya tidak seperti ini, andai saja saya memiliki wajah yang cantik saya pasti memiliki pacar atau pasangan yang sempurna. Pikiran-pikiran tersebut buang jauh-jauh dari hidup Anda. Hal tersebut bisa menjadi tembok bagi anda untuk tidak melakukan hal positif ke depannya.

2. Tersenyum

Pasti dari antara kita pernah merasakan atau mungkin saat ini anda sedang dalam masalah yang begitu besar, yang membuat anda merasa mengapa hal ini terjadi kepada saya. Yang namanya kehidupan memang pasti penuh dengan rintangan dan masalah. Hal tersebutlah yang membuat kita menjadi lebih baik.

Nah jika saat ini ada diantara kalian yang merasa sedang dalam masalah besar coba anda Tersenyum lebar dan katakan pada diri anda " Semua akan baik-baik saja". Ada sesuatu yang berbeda bukan? Tersenyum merupakan hal paling mudah dilakukan namun memiliki manfaat yang sangat banyak dan pasti anda tidak akan rugi jika melakukannya.

Source : https://unsplash.com/

Bukan hanya kepada diri Anda sendiri, Tersenyum juga dapat menyalurkan energi positif kepada orang lain. Sebagian besar orang akan tersenyum jika kita tersenyum kepada dia, seseram dan sejahat pun orang tersebut pasti akan membalas senyuman anda yang tulus. Berbeda jika ketika anda melihat seseorang dan saling tatap-tatapan tanpa ada senyuman, tentu tidak akan ada muncul hal positif dan mungkin akan hal negatif yang muncul. 

Nah buat Anda yang jarang tersenyum, cobalah untuk tersenyum setiap hari. Pasti bakal banyak hal positif yang akan anda dapat.  

3. Hidup dengan Orang yang Berpikir Positif

Lingkungan merupakan salah satu penentu sikap dan kepribadian Anda setelah dari Keluarga. Jika dari awal anda sudah masuk dalam lingkungan yang baik kemungkinan besar anda akan memiliki kepribadian yang baik, sebaliknya jika dari awal anda berada dalam lingkungan yang tidak baik maka anda kemungkinan besar akan memiliki kepribadian yang tidak baik juga. Namun hal tersebut masih kemungkinan, belum pasti terjadi. Jika kita dapat memilah mana yang menurut hati kita baik, lakukan lah hal tersebut walaupun anda berada dalam lingkungan yang kurang baik. 

Source : https://unsplash.com/

Namun alangkah baiknya, anda berada dalam lingkungan orang yang berpikir positif. Bukan tidak mungkin suatu saat anda akan mengalami masalah besar yang memaksa anda untuk berpikir negatif. Nah dengan adanya rekan atau sahabat anda yang berpikir positif mungkin akan memberikan perspekfif berbeda yang dapat mengubah Anda ke hal yang positif.

Saya tidak mengatakan bahwa Anda harus memilih-milih teman. Anda dapat berteman dengan semua orang, namun Anda punya hak untuk memilih teman yang dapat memberikan hal positif sebagai tempat anda untuk saling sharing atau berbagi.

4. The Power of Words

Tahukah kamu kata-kata yang kamu katakan memiliki kekuatan untuk mengubah sesuatu? Kenapa demikian, dengan kata-kata yang Anda katakan dapat memprogram bawah sadar otak Anda menjadi hal demikian. Jangan pernah remehkan kata-kata "Kamu pasti bisa, Terus Semangat" yang sering dikatakan orang, apalagi dari sang pujaan hati hehehe. Kata-kata tersebut dapat memprogram otak kamu bahwa kita dapat melakukan hal yang sedang kita kerjakan.

Source : https://unsplash.com/

Beda halnya jika kita mengatakan "Saya tidak bisa melakukannya, Saya pasti tidak akan berhasil". Segera hilangkan kata-kata negatif tersebut dalam otak Anda. Minimal ubah kata "tidak" menjadi kata "belum" yang membuat anda menganggap bahwa suatu saat anda pasti bisa melakukannya dengan usaha dan strategi yang berbeda, percayalah.

Dengan memilih kosa kata yang baik dalam berkomunikasi juga memiliki dampak yang sangat besar bagi kehidupan anda. Jika seseorang menanyakan " Gimana Kabarmu?" langsung jawab saja " Saya merasa sangat baik" dengan begitu muncul dalam pikiran anda bahwa anda memang merasa sangat baik dan siap melewati hari-hari dengan penuh semangat. 

5. Saling Membantu dan Berbagi

"Lebih baik berbagi daripada menerima" coba tanamkan chip tersebut dalam pikiran anda. Hal tersebut memang benar. Pernahkah anda memberikan bantuan sesuatu ke teman anda yang  benar-benar sedang kesusahan. Anda pasti akan merasakan sesuatu yang berbeda jika anda melakukan hal tersebut.

Membantu ataupun berbagi memang bukan merupakan pikiran melainkan sebuah tindakan. Namun dengan tindakan tersebut muncul pikiran dan kepribadian positif dalam diri Anda. Tetapi jangan anda membantu seseorang hanya ingin mendapatkan imbalan yang lebih besar dari apa yang Anda bantu. Jauhkan pikiran-pikiran tersebut karena hal tersebut sangat tidak baik. Suatu saat anda pasti akan mendapatkan hal yang lebih baik dan tak terduga dari apa yang anda lakukan.

Source : https://unsplash.com/

Buatlah hidup Anda ibarat seperti berkebun. Ketika anda berkebun cabutlah tanaman-tanaman pengganggu seperti rumput dan lalang yang merupakan pikiran-pikiran negatif  dalam diri kita. Setelah itu tanamlah bibit-bibit yang baik yang merupakan pikiran positif. Rawatlah bibit-bibit tersebut dengan menyiram dan memupuknya agar tercipta tindakan-tindakan positif. Suatu saat anda akan memanen hal yang positif yaitu kebahagian yang luar biasa.

Tak terasa, postingan mengenai cara berpikir positif sudah hampir selesai. Mungkin masih banyak lagi tips bagaimana melatih pikiran anda agar tetap stay postive. Yang terpenting adalah bahwa dengan berpikir positif hidup anda saya jamin pasti lebih baik dan memiliki dampak yang luar biasa dalam kehidupan anda. So tunggu apalagi yuk berpikir positif, Saya Josua Rifandy, See You!

Baca Juga
SHARE
Josua Rifandy
Nama saya Josua Rifandy Siahaan, saya berasal dari Sumatera Utara, tepatnya di Toba Samosir

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar